IMAN DI ATAS PENGETAHUAN

Senin,22 April 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yeremia 17:1-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Hakim-hakim 6

AYAT HAFALAN

Yeremia 17:5

RENUNGAN INSPIRASI

Apakah Anda pernah mendengar “Way of the Future” yang disingkat WOTF? WOTF adalah agama baru yang belum lama ini muncul, yang menjadikan kecerdasan buatan (artificial intelligence) sebagai figur Tuhan, dideklarasikan oleh Anthony Levandowski, mantan eksekutif Google dan Uber. Peristiwa ini membuktikan bahwa pada akhir zaman ini, manusia rentan terbuai oleh teknologi yang menakjubkan tanpa peduli akan kebenaran. Bayangkan, manusia dapat menikah dengan robot, robot dapat diprogram untuk meng-iya-kan semua keinginan kita tanpa peduli akan esensi kebenaran. Mengerikan, bukan? Manusia akan mencari segala sesuatu yang dapat memuaskan keinginan mereka tanpa memandang apakah hal itu benar atau tidak. Lantas, apa yang harus kita lakukan terhadap serbuan kemajuan teknologi yang tidak terhindarkan ini?

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat banyak orang cenderung mengandalkan akal budinya, dan mengabaikan Tuhan. Tidak salah apabila kita memiliki pendidikan yang tinggi, pengalaman yang luas, serta pengetahuan yang dalam. Namun  kita tidak boleh mengandalkan semua itu. Firman Tuhan menyatakan, ”Terkutuklah orang yang mengandalkan… kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan.” Kemajuan teknologi tidak boleh membuat hati kita menjauh daripada Tuhan. Di era yang modern ini, kita harus selalu mengandalkan Tuhan agar hidup kita diberkati dan mengalami ketenangan. Kita harus menempatkan iman di atas pengetahuan.

REFLEKSI DIRI

1. Apakah pernah Anda menolak Firman Tuhan dan lebih mengikuti nalar Anda sendiri?
2. Apakah pengetahuan dan kemajuan teknologi membuat hidup Anda lebih tenang dan bahagia?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, tegurlah aku atas kesombonganku. Peringati aku bahwa hanya Engkaulah satu-satunya tempat untuk bersandar. Terimakasih Tuhan, telah menyadarkanku. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Andalkan Tuhan dalam segala keputusan yang kita buat, dengan mendoakannya serta mencari hikmat dari Firman Tuhan.

HIKMAT HARI INI

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com