AKU MAU MENDENGARKANMU

Minggu,10 Februari 2019

BACAAN NDC BIBLE STUDY

BILANGAN 29

AYAT HAFALAN

Amsal 18:13

RENUNGAN INSPIRASI

Setiap percakapan dapat dibagi-bagi menjadi enam unsur:

  • Apa yang saya katakan
  • Apa yang kamu katakan
  • Apa yang saya pikir telah saya katakan
  • Apa yang saya pikir telah kamu katakan
  • Apa yang kamu pikir telah saya katakan
  • Apa yang kamu pikir telah kamu katakan

Kebanyakan kesalahpahaman yang terjadi berakar dari fakta bahwa manusia sesungguhnya adalah pendengar yang buruk. Sungguhpun Allah telah memberikan petunjuk yang begitu jelas. Dia memberikan kita satu mulut dan dua telinga, karena Dia ingin kita lebih banyak mendengar daripada berkata-kata.

Percakapan yang baik akan terjadi ketika sementara satu pihak berkata-kata, pihak yang lainnya mendengarkan. Selain dari keangkuhan hati dan merasa diri paling benar, tidak mendengarkan pasangan adalah hal kecil yang kadangkala berubah menjadi perselisihan. “Kenapa sih kamu nggak dengerin aku?” Apakah kalimat itu pernah atau bahkan sering diucapkan oleh pasangan Anda? Mulai hari ini, marilah kita belajar untuk membuka telinga kita lebar-lebar dan memberikan perhatian penuh kepada pasangan kita. Tataplah matanya saat pasangan Anda berbicara dengan Anda. Itu adalah ekspresi cinta Anda kepadanya! Ketika Anda mendengarkan pasangan Anda dengan sepenuh hati, maka Anda sedang membangun rasa percaya di antara Anda berdua dan itu akan meningkatkan keintiman dalam pernikahan Anda. (HS)

YANG PERLU DIRENUNGKAN

Bagaimana respon dan reaksi pasangan Anda ketika Anda memberikan telinga Anda dan perhatian Anda secara penuh kepadanya?

TANTANGAN

Belajarlah untuk memberikan perhatian penuh ketika pasangan Anda hendak menyampaikan sesuatu kepada Anda. Berikan respon positif atas apa yang disampaikannya. Tatap matanya, berikan anggukkan kecil tanda Anda memperhatikan apa yang dikatakannya. Jangan terpancing untuk memberikan komentar, apalagi solusi bila tidak diminta.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com