AKU YANG BENAR, KAMU SALAH!

Sabtu,09 Februari 2019

BACAAN NDC BIBLE STUDY

BILANGAN 28

AYAT HAFALAN

Amsal 13:10

RENUNGAN INSPIRASI

Kemarin kita sudah membahas mengenai pentingnya memberikan pujian kepada pasangan kita. Sesungguhnya setiap perkataan yang keluar dari mulut kita memiliki kuasa. Bila yang Anda perkatakan kepada pasangan Anda adalah hal-hal yang positif dan membangun, maka keintiman dan pernikahan Anda juga akan semakin kuat. Sebaliknya, perkataan yang tajam akan membawa kehancuran dalam pernikahan Anda. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika Anda mengucapkan sesuatu kepada pasangan Anda. Ketika ada perbedaan pendapat di antara Anda berdua, belajarlah untuk mengendalikan perkataan Anda dan kuasailah diri Anda. Perselisihan dan konflik dalam pernikahan seringkali dimulai dari argogansi salah satu pihak. Ketika ada pihak yang merasa dirinya benar dan yang lain berada di pihak yang salah, maka konflik rentan untuk terjadi.

Bukankah firman Tuhan berkata Anda bukan lagi dua, melainkan satu di hadapan Allah? Saat ada perbedaan pendapat antara suami dan isteri, jangan pernah berpikir benar-salah atau menang-kalah. Sebab bila salah satu pihak kalah, maka dua-duanya kalah. Anda dan pasangan Anda adalah satu. Paksakanlah diri Anda untuk mendengar apa yang disampaikan oleh pasangan Anda. Cobalah melihat permasalahan yang ada dari sudut pandang yang berbeda. Carilah titik temu dan buatlah kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan yang timbul bersama-sama. Pada akhirnya, milikilah kebesaran hati untuk meminta maaf kepada pasangan bila perkataan Anda menyakitinya. Tidak ada pernikahan yang bebas konflik. Yang ada adalah dua pribadi yang mau saling menghargai dan mau belajar untuk memahami satu sama lain ketika perselisihan terjadi. (HS)

YANG PERLU DIRENUNGKAN

Berilah tanda pada halaman ini dan catatlah pada jurnal di halaman ini ketika ada konflik yang terjadi di antara Anda berdua. Catat apa yang Anda pertengkarkan dan bagaimana Anda berdua menyelesaikannya.

TANTANGAN

Mungkin saat Anda membaca renungan ini, tidak ada konflik yang terjadi di antara Anda berdua. Namun camkanlah hal ini baik-baik, dan ketika muncul perselisihan di antara Anda berdua, ingatlah selalu untuk menahan diri dan mengendalikan perkataan Anda. Belajarlah untuk melihat perselisihan yang ada dari sudut pandang yang berbeda. Dengarkan pendapat pasangan Anda. Jangan biarkan matahari terbenam sebelum padam amarahmu.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com