PENTINGNYA KOMUNITAS ROHANI

Kamis,29 November 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kisah Para Rasul 2:41-47

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Keluaran 23

AYAT HAFALAN

Pengkhotbah 4:9-10

RENUNGAN INSPIRASI

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk sosial. Pada saat Allah menciptakan Adam, Allah berfirman bahwa “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja.” (Kejadian 2:18). Firman Tuhan ini bukan berbicara mengenai pasangan hidup saja, tetapi juga tentang pentingnya bagi orang percaya untuk hidup dalam sebuah komunitas. Kita sulit mengalami kemajuan atau pertumbuhan iman jika seorang diri saja. Bagaikan sebatang kayu yang menyala, kita perlu berada dalam tumpukan batang kayu lainnya agar nyala api itu dapat menjadi api unggun yang menghangatkan. Karena bila tidak, maka cepat atau lambat batang kayu yang terbakar itu akan segera mati. Kita perlu terhubung dengan saudara seiman lainnya dalam sebuah komunitas rohani.

Jika kita membaca dan mempelajari kehidupan dari jemaat mula-mula, kita akan menemukan bahwa mereka selalu menyediakan waktu untuk berkumpul dan bersekutu bersama. Hal inilah yang membuat iman mereka terus bertumbuh, bahkan Tuhan terus menambah-nambahkan jumlah orang percaya dalam komunitas mereka (Kisah Para Rasul 2:41-47). Ada banyak hal positif yang dapat kita peroleh di dalam sebuah komunitas rohani, antara lain: kita dapat saling mendukung di dalam doa dan perbuatan baik antara satu sama lain, karakter kita dapat dibentuk, dan kita memiliki kesempatan untuk mengembangkan talenta dan karunia rohani. Namun sangat disayangkan, masih banyak orang percaya yang belum mendapatkan manfaat ini karena belum mau bergabung di dalam komunitas rohani oleh sebab satu dan lain hal. Memang komunitas rohani bukanlah sekumpulan orang percaya yang sempurna. Namun Henri Nouwen pernah berkata, “Komunitas rohani adalah wadah yang paling cepat membawa kita kepada kemajuan rohani.” Di dalam sebuah komunitas rohani kita mengalami pembentukan agar bertumbuh dewasa dalam iman. Bila hingga hari ini Anda masih belum memiliki komunitas rohani, segeralah bergabung di dalam CORE. Carilah informasi mengenai lokasi CORE yang terdekat dengan tempat tinggal atau tempat bekerja Anda, dan daftarkanlah diri Anda dengan segera. Bagi Anda yang sudah memiliki komunitas rohani atau yang sudah tergabung di dalam CORE, tetaplah setia dan mulailah berkontribusi bagi komunitas rohani Anda. Percayalah saat Anda ada di dalam suatu komunitas, maka karakter Anda akan dibentuk, iman Anda akan mengalami pertumbuhan. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa kita memerlukan orang lain agar dapat mengalami kemajuan dalam iman?
2. Apakah Anda telah menemukan komunitas yang dapat memajukan iman Anda? Jika belum, hal apa yang perlu segera dilakukan?

POKOK DOA

Bapa di sorga, terima kasih untuk keluarga rohani yang Kau berikan kepadaku. Bentuklah aku di dalam komunitas rohani agar aku semakin dewasa dalam iman. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Bergabunglah dan berkontribusilah di dalam sebuah komunitas rohani (CORE) agar karakter Anda dibentuk dan iman Anda mengalami pertumbuhan yang signifikan.

HIKMAT HARI INI

If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com