SAMPAI TERJADI PERUBAHAN

Senin,26 November 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 4:20-24

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Keluaran 20

AYAT HAFALAN

Efesus 4:22-24

RENUNGAN INSPIRASI

Tentu merupakan suatu hal yang menyenangkan bila kita dapat membangun sebuah kebiasaan yang baru dalam waktu singkat. Namun nyatanya, membangun kebiasaan yang baru tidaklah semudah membalik telapak tangan. Ada proses yang harus kita jalani dan proses itu harus kita lakukan berulang-ulang hingga terekam dalam otak kita dan menjadi sebuah kebiasaan. Selama ini sebagian kita mungkin pernah mendengar bahwa dibutuhkan 21 hari lamanya melakukan hal yang ingin kita jadikan kebiasaan secara berulang-ulang. Namun, sebuah penelitian terbaru dari Phillippa Laly dalam European Journal of Social Psychology mengatakan bahwa, “Kebiasaan baru manusia bukan terbentuk dalam 21 hari, tetapi dalam rentang waktu 18-254 hari. Lamanya proses pengulangan itu tergantung dari kompleksitas kebiasaan yang ingin kita bangun dan berapa lama kebiasaan yang lama telah menjadi bagian hidup kita.” Fakta ini tentu menjadi peringatan bagi kita agar lebih bijak dalam melakukan aktifitas kita sehari-hari. Bila tanpa sadar ada kebiasaan buruk berulang kali kita lakukan setiap hari, maka bisa saja lama kelamaan hal itu menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan.

Bila kita ingin hidup kita berubah, maka kita harus mengubah karakter kita. Untuk dapat mengubah karakter kita, maka kita harus mengubah kebiasaan-kebiasaan kita. Untuk dapat mengubah kebiasaan kita, maka kita harus mengubah tindakan-tindakan yang kita lakukan. Untuk dapat mengubah tindakan kita, maka kita harus mengubah pola pikir kita. Agar kita dapat mengubah pola pikir kita agar sesuai dengan kehendak Tuhan, maka kita harus terus mengisinya dengan kebenaran firman Tuhan. Perubahan di mulai dari dalam pikiran kita dan perubahan adalah esensi dari pertumbuhan iman. Untuk mencapai itu semua, dibutuhkan proses yang panjang. Itu sebabnya, kita perlu segera melakukan perubahan bila kita ingin mengalami pertumbuhan. Firman Tuhan berkata: “Sekarang semua sikap dan pikiran Saudara harus selalu menjadi makin baik. Ya, Saudara harus menjadi manusia baru, yang baik dan kudus. Kenakanlah sifat yang baru itu” (Efesus 4:23-24 FAYH). Ayat ini mengingatkan kita untuk berusaha melakukan perubahan dengan sungguh-sungguh. Karena semakin lama kita mengulangi tindakan-tindakan/kebiasaan hidup kita yang lama, maka hal itu akan membentuk karakter kita dan akan semakin sulit kita mengubahnya. Kita akan terus menerus jatuh bangun dalam dosa dan gagal mengenakan hidup yang baru di dalam Kristus. Mulailah evaluasi diri kita masing-masing, adakah pola pikir atau kebiasaan-kebiasaan yang perlu ditinggalkan atau ditingkatkan. Setelah Anda mengetahuinya, maka ambillah keputusan untuk berkomitmen melakukan perubahan dalam hidup Anda dan kerjakanlah dengan konsisten setiap hari. Mintalah pertolongan dan kekuatan dari Roh Kudus untuk memampukan Anda. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Menurut Anda, mengapa selama ini Anda tidak mengalami kemajuan dalam iman?
2. Apa komitmen yang Anda ingin buat agar terjadi perubahan dalam hidup Anda?

POKOK DOA

Bapa di sorga, hari ini aku mau belajar untuk mengubah hal-hal yang tidak berkenan di hati-Mu. Roh Kudus, sertai dan mampukanlah aku. Aku percaya, pasti akan ada perubahan yang menuju pada kemajuan di dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ubahlah satu demi satu kebiasaan Anda agar sesuai dengan firman Tuhan. Ambillah komitmen untuk melakukannya dan lakukanlah dengan konsisten.

HIKMAT HARI INI

Perubahan bukanlah suatu perubahan sampai terjadi perubahan. - Dr. Edwin Louis Cole
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com