TINDAKAN SEDERHANA

Minggu,25 November 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Matius 5:13-16

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Keluaran 19

AYAT HAFALAN

Matius 5:16

RENUNGAN INSPIRASI

Roscoe Pound mengungkapkan bahwa aturan adalah teknik pembangun kehidupan sosial (law is a social engineering). Aturan berfungsi untuk memberikan norma kepada  manusia dalam bertingkah laku dan menciptakan keseimbangan antara kepentingan masyarakat dan kepentingan individu. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu ramai di media sosial, di daerah Jatiwaringin, Jakarta Timur, terjadi kasus pemukulan yang dilakukan seorang pengendara motor terhadap pejalan kaki, karena si pengendara motor merasa tidak senang ditegur agar tidak melintas di trotoar. Perilaku pengendara motor yang melintas di atas trotoar di daerah tersebut hampir setiap hari terjadi, terutama saat jam pulang kantor karena mereka ingin cepat menerobos macet di jalan raya. Petugas keamanan sudah sering menegur mereka tetapi tidak diindahkan. Aturan yang ada sesungguhnya bertujuan untuk membentuk perilaku manusia agar menjadi tertib dan teratur.

Sebagai orang Kristen, kita perlu belajar mematuhi peraturan yang ada di dunia ini. Contohnya, menghargai aturan yang dibuat oleh pemerintah, membayar pajak, disiplin dalam berkendara dan aturan lainnya. Kita melakukan hal tersebut, bukan hanya karena agar tidak menerima disiplin atau  menerima hukuman. Namun kita punya alasan yang lebih tinggi dari itu, yaitu untuk menjadi garam dan terang bagi sekitar kita. Untuk menjadi saksi Kristus, kita dapat mulai dengan melakukan hal-hal kecil, seperti mematuhi peraturan di jalan raya. Milikilah komitmen untuk menaati setiap aturan yang ada. Hal ini mungkin terlihat kecil atau sederhana. Namun satu tindakan sederhana dapat membawa dampak yang besar bagi masyarakat kita. Biarlah terang Kristus dapat semakin nyata melalui kehidupan kita. Mulailah dengan satu tindakan sederhana namun lakukanlah dengan konsisten. Percayalah, tindakan sederhana Anda akan mampu menginsiprasi banyak orang. (YM)

REFLEKSI DIRI

1. Apa tindakan sederhana yang pernah Anda buat sehingga menginspirasi orang lain?
2. Mengapa kita perlu belajar menjadi terang dan garam dunia melalui tindakan sehari-hari?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ajar aku untuk dapat menjadi terang melalui tindakan sederhana di tengah masyarakat. Roh Kudus, mampukanlah aku untuk dapat konsisten melakukannya. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jadilah terang dan garam bagi dunia di sekeliling Anda. Mulailah dengan sebuah tindakan sederhana dan konsisten melakukannya.

HIKMAT HARI INI

Orang lain akan lebih tertarik dengan tindakan dan perilaku Anda dibanding apa yang Anda bicarakan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com