MEMULAI HARI YANG BARU

Jum'at,31 Agustus 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 5:1-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Wahyu 5

AYAT HAFALAN

Mazmur 5:4

RENUNGAN INSPIRASI

Bagaimana Anda memulai setiap hari yang baru? Apakah begitu bangun Anda segera mulai dengan berbagai kesibukan sambil mencoba menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus? Atau Anda langsung berpikir sarapan apa yang ingin dinikmati di pagi hari? Tentu saja ada berbagai macam cara orang memulai setiap hari yang baru dan tidak ada masalah dalam hal ini. Namun sebagai murid Tuhan kita akan belajar dari Firman Allah bagaimana seorang raja Daud menyambut hari baru yang datang dalam hidupnya.

Raja Daud berkata dalam mazmurnya: “TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku.” Dalam kalimat ini kita melihat bahwa hal pertama yang dilakukan Daud adalah memperdengarkan suaranya kepada Tuhan, bukan kepada manusia. Kata-kata Daud ini menandakan Tuhan sebagai prioritas utamanya. Selanjutnya Daud berkata: “Pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.” Di sini kita melihat bagaimana Daud membawa persembahan dan menantikan akan hadirat Tuhan. Kita pun dapat melakukan hal yang sama pada saat menyambut hari yang baru. Kita dapat memulainya dengan memperdengarkan suara kita kepada Tuhan, mengucap syukur kepada Tuhan untuk nafas kehidupan serta kesehatan yang telah diberikan, menantikan petunjuk-Nya. Kemudian kemukakanlah kepada Tuhan hal-hal yang harus kita lakukan pada hari itu. Serahkanlah juga kepada-Nya segala masalah serta kesulitan yang mungkin akan kita hadapi. Ada sebuah pepatah dalam bahasa Yunani yang mengatakan: “Permulaan yang baik merupakan separuh dari seluruh pekerjaan itu sendiri.” Demikian pula halnya dengan cara kita menjalani kehidupan ini setiap hari. Cara kita memulai suatu hari yang baru menentukan bagaimana sikap kita pada apa yang akan terjadi di sepanjang hari itu. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana cara Anda memulai hari yang baru selama ini? Adakah kebiasaan baru yang ingin Anda mulai setelah membaca kisah Daud ini?
2. Mengapa kita perlu untuk menghampiri Tuhan terlebih dahulu saat menyambut hari yang baru?

POKOK DOA

Bapa di sorga, tolonglah aku untuk memulai setiap hari yang baru dengan benar, yaitu dengan selalu berseru kepada-Mu, mengucap syukur dan mengajukan segala permohonanku setiap pagi. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Datanglah kepada Tuhan dengan doa dan ucapan syukur setiap memulai hari yang baru.

HIKMAT HARI INI

Sediakan waktu bersama Tuhan di pagi hari, maka kita akan memiliki banyak waktu sepanjang hari. - Rick Warren
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com