MENGANDALKAN KEKUATAN DARI TUHAN

Kamis,30 Agustus 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Filipi 4:7-13

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Wahyu 4

AYAT HAFALAN

FIlipi 4:13

RENUNGAN INSPIRASI

 

 Pernahkah terbayang oleh Anda, ukuran kekuatan para tokoh-tokoh iman dalam Alkitab? Bagaimana seorang Ayub yang telah mengalami penderitaan luar biasa. Kehilangan segalanya, bahkan dirinya sendiri terkena penyakit yang sangat parah. Sang martir, Stefanus, meskipun dilempari dengan batu sampai mati, ia masih sempat melepaskan pengampunan, “Tuhan, jangan tangguhkan dosa ini kepada mereka!”

Lihat pula yang telah dialami oleh Rasul Paulus;  ia keluar masuk penjara, disiksa melampaui batas, difitnah, mengalami kelaparan dan rasa dahaga, kerap kali berada dalam bahaya, bahkan nyaris menghadapi maut, karena memberitakan Injil. Untuk ukuran manusia, penderitaan Ayub, Stefanus dan Paulus barangkali di atas rata-rata yang dapat ditanggung oleh manusia.

Pertanyaannya, mengapa mereka begitu kuat, bahkan tidak sekalipun mereka menyangkali Tuhan hingga menemui ajal? Dalam suratnya kepada jemaat di Filipi, Rasul Paulus berkata: “Dengan kuasa yang diberikan Kristus kepada saya, saya mempunyai kekuatan untuk menghadapi segala rupa keadaan (Filipi 4:13 BIS). Kekuatan para pahlawan iman memang terbatas, tetapi kuasa Tuhan yang tidak terbatas itu mengalir dalam hidup mereka. Tuhan mengerti dan peduli pada segala hal yang kita hadapi. Dia turut merasakan apa yang kita sedang rasakan. Bahkan Dia tahu bahaya apa yang ada di depan kita. Bila kita mempercayakan diri kita kepada-Nya, maka kekuatan dari sorga akan mengalir dalam hidup kita. Kita akan menjadi kuat dan tidak mudah dipatahkan oleh tekanan hidup. Tetaplah melangkah bersama Tuhan, libatkanlah Dia dalam setiap pergumulan kita melalui doa. Bersandarlah penuh pada kekuatan-Nya dan percayalah bahwa Tuhan akan turun tangan memberikan kekuatan  untuk menghadapi tantangan hidup Anda. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Apa yang membuat para pahlawan iman dapat bertahan menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup mereka? Apakah Anda melihat jelas kesamaannya?
2. Apa janji Tuhan kepada Anda di saat Anda mengalami pergumulan dan tantangan dalam hidup ini?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ajar aku untuk tetap teguh di dalam iman dan pengharapanku kepada Engkau. Roh Kudus, mampukan aku untuk menghadapi pergumulan yang sedang aku alami ini. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Tetaplah bersandar pada kekuatan Tuhan dalam menghadapi tantangan hidup Anda. Jangan mengandalkan kekuatan Anda sendiri.

HIKMAT HARI INI

Saat kita mengandalkan kekuatan kita yang terbatas, maka kita telah mengabaikan kekuatan Allah yang tidak terbatas.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com