MEMBANGUN HIDUP YANG BERKUALITAS

Rabu,29 Agustus 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Filipi 4:7-9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Wahyu 3

AYAT HAFALAN

Filipi 4:8

RENUNGAN INSPIRASI

Ada satu kalimat bijak yang mungkin kita semua tahu atau pernah mendengarnya: “Kehidupan Anda lima atau sepuluh tahun yang akan datang sangat ditentukan oleh buku yang Anda baca, acara yang Anda tonton, dan orang-orang yang Anda temui. Untuk itu, jangan salah memilih buku, acara yang Anda tonton, serta memilih sahabat Anda.” Dengan kata lain, kalimat bijak ini mengatakan bahwa kualitas hidup seseorang sangat ditentukan oleh apa yang dimasukkan ke dalam pikiran terus menerus. Hal ini juga semakin dikuatkan oleh hasil riset Dr. David McClelland selama 25 tahun di Harvard, tentang kehidupan orang sukses. Dalam hasil risetnya, ia menyimpulkan: Pilihan kita akan sebuah “Kelompok Referensi” (buku yang dibaca, sahabat akrab, dan juga apa yang Anda tonton), memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keberhasilan seseorang dibandingkan dengan hal-hal yang lain.” 
Sadar atau tidak, pikiran kita menentukan seperti apa hidup kita, dan bagaimana hidup kita ke depan. Raja Salomo pernah berkata, “For as he thinketh in his heart, so is he.” Atau “Anda adalah apa yang Anda pikirkan” (Amsal 27:3 KJV).  Artinya ketika kita menjadi terbiasa untuk mengisi pikiran dengan hal-hal negatif, maka hidup kita pun akan penuh dengan hal-hal negatif. Sebaliknya, jika kita secara konsisten memasukkan hal-hal yang positif, maka hidup Anda akan dipenuhi dengan hal-hal yang positif. Bagaimana dengan Anda. Apakah Anda telah memiliki “kelompok referensi” yang tepat dalam hidup Anda selama ini? Jika belum, Anda dapat memulainya sekarang. Mulailah untuk mengisi pikiran Anda dengan kebenaran Firman Tuhan, membaca buku-buku yang bermanfaat untuk memperlengkapi diri Anda, milikilah komunitas yang bisa membangun kerohanian Anda. Ingatlah selalu bahwa hidup Anda ditentukan oleh apa yang ada di dalam pikiran Anda dan siapa orang-orang yang ada di sekeliling Anda. (EV)

REFLEKSI DIRI

1. Apakah selama ini Anda telah memiliki “kelompok referensi” yang tepat dalam hidup?
2. Langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk membangun kualitas hidup yang lebih baik?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ajar aku untuk lebih teliti dalam memilih dan memilah hal-hal yang bisa membentuk kualitas hidup yang sesuai dengan kehendak-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Bijaklah untuk memilih dan memilah hal-hal yang akan dimasukkan ke dalam pikiran dan hidup Anda.

HIKMAT HARI INI

Pikiran manusia seperti kebun, semua tergantung dari bibit yang Anda tanam, Anda bisa menanam bunga, atau ilalang, semua tergantung dari Anda sendiri.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com