DIMERDEKAKAN OLEH ROH KUDUS

Selasa,28 Agustus 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Roma 8:1-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Wahyu 2

AYAT HAFALAN

Roma 8:2

RENUNGAN INSPIRASI

Sebuah mobil atau motor semahal atau sebagus apapun takkan bisa dipakai tanpa ada bahan bakarnya. Demikian juga halnya dengan barang-barang elektronik, jika tidak ada energi listrik yang mengalirinya, maka tidak akan bisa digunakan. Sama halnya dengan kita! Perjuangan kita untuk hidup di dalam kemerdekaan Kristus tak akan bisa terjadi tanpa Roh Kudus yang menyertai kita. Dialah sumber energi yang memampukan kita untuk melakukan kehendak Tuhan di dalam hidup kita.

Dalam ayat bacaan Firman Tuhan hari ini, Rasul Paulus memberitakan hal yang sama kepada jemaat yang ada di Roma, bahwa mereka harus hidup dipimpin oleh Roh Kudus. Karena hanya Roh Kudus yang dapat melepaskan kita dari keinginan daging yang mematikan. “Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut” (Roma 8:2). Bila kita mengandalkan kekuatan dan kemampuan kita sendiri, mustahil kita bisa hidup dalam kebenaran secara konsisten. Justru yang terjadi adalah kita akan terjebak dalam siklus “manusia lama” kita: “Berbuat dosa -menyesali dosa - memohon pengampunan dosa - melakukan dosa yang sama kembali.” Itu sebabnya, Firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk hidup oleh Roh, agar kita tidak lagi mengikuti keinginan daging kita (baca Galatia 5:16). Bagaimana caranya hidup dalam Roh? Hidup dalam Roh artinya kita meminta Roh Kudus untuk menyertai, memimpin dan memegang kendali atas hati dan pikiran kita untuk dapat melakukan kehendak Tuhan. Itu sebabnya kita perlu membangun hubungan yang intim dengan Allah. Milikilah kehidupan doa yang baik, bangun pengenalan akan Firman Tuhan melalui saat teduh dan perenungan setiap hari. Libatkan Tuhan dalan setiap aktivitas yang kita lakukan sehari-hari dan dalam setiap keputusan yang hendak kita ambil. Lakukanlah hal-hal tersebut dengan sungguh-sungguh dan konsisten, izinkanlah Roh Kudus memperbarui hidup Anda sehari lepas sehari, sehingga Anda beroleh kemerdekaan yang sejati. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda memberi hidup Anda untuk dipimpin oleh Roh Kudus? Bagaimanakah Anda melakukannya?
2. Mengapa kita perlu menyerahkan diri kita untuk dipimpin oleh Roh Kudus setiap hari?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ampuni aku yang selama ini dipenjarakan oleh keinginan dagingku sendiri. Hari ini aku mau membuka hatiku dan mengundang Engkau untuk berkuasa atas hidupku. Aku mau hidup di dalam tuntunan Roh Kudus setiap hari agar hidupku dimerdekakan di dalam Kristus. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Bangunlah hubungan yang intim dengan Allah, buka hati Anda dan izinkan Roh Kudus menguasai seluruh hidup Anda dan menuntun setiap langkah kehidupan Anda.

HIKMAT HARI INI

Keinginan duniawi yang berdosa akan dimatikan perlahan-lahan saat kita mau belajar hidup di dalam pimpinan Roh kudus setiap hari. - John Bevere
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com