DIMERDEKAKAN UNTUK MENGASIHI DAN MELAYANI

Rabu,22 Agustus 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Matius 18:21-23

BACAAN NDC BIBLE STUDY

1 Yohanes 4

AYAT HAFALAN

Galatia 5:13

RENUNGAN INSPIRASI

Suatu saat Tuhan Yesus memberikan pengajaran lewat perumpamaan kepada para murid. Ada seorang Raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. Ada seorang hamba yang berhutang 10.000 talenta. Hutang begitu banyak tidak bisa dibayar oleh hamba itu, sehingga si hamba itu mohon penangguhan pembayaran. Hati Raja tergerak oleh belas kasihan sehingga malah semua hutangnya dibebaskan dan dihapuskan. Setelah mengalami penghapusan hutangnya, hamba itu berjumpa dengan temannya yang berhutang 100 dinar. Dan langsung saja hamba itu mencekik temannya itu dan memasukkannya ke dalam penjara. Ketika mendengar kejadian itu, Raja menjadi marah dan menyerahkan si hamba itu pada Algojo. Perumpamaan ini selain bicara tentang hal pengampunan, juga mengajarkan kita tentang berbuat kasih kepada sesama. 
Dahulu kita adalah seorang hamba dosa yang semestinya menerima hukuman dalam api kekekalan. Namun kasih Allah telah menghapus semua hutang dosa kita. Sebagai orang-orang yang telah dimerdekakan/dibebaskan dari hukuman, alangkah jahatnya kita apabila kita tidak mengampuni dan menyatakan kasih kepada orang lain seperti perumpamaan di atas. Seharusnya, semakin besar kita mengalami kasih karunia Tuhan, semakin kita juga menyatakan kasih kita kepada orang lain. Kemerdekaan yang kita alami adalah kesempatan kita belajar untuk melayani dan mengasihi sesama. Seperti yang diajarkan kepada jemaat di Galatia: “Saudara sekalian yang saya kasihi, Saudara telah diberi kemerdekaan: bukan kemerdekaan untuk melakukan yang salah, melainkan kemerdekaan untuk saling mengasihi dan saling melayani” (Galatia 5:13 FAYH). Kemerdekaan yang Kristus berikan bukanlah kesempatan untuk berbuat yang salah, namun untuk mengasihi dan melayani sesama. Mari kita terapkan saling  mengasihi dan melayani mulai dari orang-orang di sekeliling kita hingga kepada orang yang belum mengenal Kristus. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa setelah kita memperoleh kemerdekaan/kebebasan kita perlu melayani dan mengasihi sesama?
2. Komitmen apa yang Anda ingin segera lakukan untuk belajar melayani dan mengasihi sesama?

POKOK DOA

Bapa di sorga, terima kasih untuk belas kasih-Mu yang telah memerdekakan hidupku dari dosa. Ajar aku untuk dapat mengasihi dan melayani sebagai rasa syukurku kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin

YANG HARUS DILAKUKAN

Belajarlah untuk mengasihi sebagai ekspresi rasa kasih kita kepada Tuhan Yesus

HIKMAT HARI INI

Besarnya kasih kita kepada Tuhan akan terekspresi dari cara kita mengasihi dan melayani sesama.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com