MENJAGA KUALITAS HATI

Kamis,12 Juli 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Amsal 4:20-27

BACAAN NDC BIBLE STUDY

1 Timotius 3

AYAT HAFALAN

Amsal 4:23

RENUNGAN INSPIRASI

Kualitas sebuah produk sangat tergantung dari seberapa serius produk tersebut dipersiapkan. Namun semua akan menyebutkan bahwa produk merekalah yang terbaik. Dan tidak jarang konsumen teperdaya oleh manisnya iklan. Ada produk yang kualitasnya secara langsung bisa dibuktikan, namun ada juga yang harus melalui uji laboratorium terlebih dahulu. Satu hal yang pasti, baik tidaknya kualitas sebuah produk tergantung pada bagaimana produsen masing-masing mengolah produk tersebut.

Sikap, perilaku atau gaya hidup kita pun demikian. Kita bisa bersikap ramah, bisa sombong, bisa baik, bisa jahat, bisa jujur dan berintegritas, bisa tampil apa adanya dan tulus, bisa penuh kepura-puraan. Semuanya berasal dari produk hati kita. Sederhananya, apa yang ada di dalam hati kita pasti akan nampak dari ucapan dan perbuatan kita sehari-hari. Untuk itu Firman Tuhan berkata, “Yang terutama sekali, jagalah hatimu karena hatimu mempengaruhi segala sesuatu dalam hidupmu (Amsal 4:23 FAYH). Menjaga kualitas hati agar tetap bersih dan sehat tidak bisa dilakukan oleh orang lain. Kita sendirilah yang bertanggung jawab menjaga hati kita. Kita dapat melakukannya sama seperti yang pernah dilakukan oleh raja Daud, yaitu datang kepada Tuhan meminta agar Tuhan menyucikan kembali hati kita (Mazmur 51:10-12). Bagaimanakah kualitas hati Anda saat ini? Apakah Anda masih menjaganya dan belum tercemar dengan segala keiginan dunia? Peliharalah kondisi hati Anda dengan membangun hubungan yang intim bersama Tuhan setiap hari. Percayalah saat kualitas hati kita baik, maka sikap dan perilaku sehari-hari pun akan ikut berubah semakin lebih baik. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda tergolong orang yang rutin menjaga kualitas dalam hati Anda?
2. Bagaimana caranya agar hati kita tetap dalam kualitas yang baik seturut dengan Firman Tuhan?

POKOK DOA

Bapa di sorga, aku mau hatiku selalu dipenuhi dengan kebenaran-Mu. Roh Kudus, ingatkanlah aku agar tetap menjaga kualitas hatiku agar tetap berkenan di hadapan Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Milikilah hubungan yang intim dengan Tuhan setiap hari, dengan demikian hati Anda akan dimurnikan setiap hari.

HIKMAT HARI INI

Perhatikan perkara-perkara yang masuk ke dalam hati Anda, karena apa yang terpancar keluar bergantung dari apa yang masuk.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com