BERSABAR DALAM PENUNDAAN

Kamis,14 Juni 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kejadian 40:6-23

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Galatia 3

AYAT HAFALAN

Ibrani 10:36

RENUNGAN INSPIRASI

Kita sering menghadapi berbagai macam penundaan. Mungkin penundaan itu terjadi saat penerbangan Anda tertunda karena kerusakan sistem komputer, saat Anda mengalami kemacetan di jalan atau ketika seseorang berjanji kepada Anda namun lagi-lagi diingkarinya. Penundaan-penundaan seperti itu sering membuat kita marah dan frustrasi. Namun sebagai pengikut Kristus, kita dapat meminta kekuatan dari-Nya untuk sabar menjalani setiap penundaan itu.

Yusuf adalah salah satu tokoh di dalam Alkitab yang dapat menjadi teladan kita untuk belajar mengenai kesabaran. Ia pernah dijual sebagai budak oleh saudara-saudaranya yang iri hati, dituduh secara tidak adil oleh istri majikannya, dan kemudian dipenjara di Mesir. Beberapa tahun kemudian, ketika Yusuf berhasil menafsirkan mimpi pegawai Firaun, lagi-lagi dia pun hampir dilupakan. Kesabaran Yusuf dalam menanti janji Tuhan pada akhirnya berbuah manis. Akhirnya melalui suatu peristiwa, ia pun diangkat oleh Firaun menjadi penguasa kedua atas Mesir. Kesabarannya dalam menanti janji Allah begitu luar biasa. Yusuf mengerti benar maksud dan tujuan Allah dalam hidupnya. “Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu.” (Kejadian 45:5). Dalam segala penundaan yang kita alami, biarlah kita menjadi seperti Yusuf yang memiliki kesabaran, melihat dengan perspektif yang baru, dan mengalami damai sejahtera, karena sikapnya yang sepenuhnya percaya kepada Tuhan.

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda pernah merasa tidak sabar saat mengalami penundaan? Penundaan apa yang Anda alami waktu itu? Dan apa yang Anda lakukan saat itu?
2. Keuntungan apa yang akan diterima saat kita belajar untuk bersabar dalam menanti segala sesuatu?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ketika ada begitu banyak peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini seakan menempatkanku pada penundaan yang tiada akhir, aku sadar bahwa Engkau sedang melatih aku untuk bersabar. Kuatkanlah hatiku, ya Tuhan. Ubah hidupku, agar aku dapat menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menanggung segala sesuatu yang terjadi di dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Latihlah kesabaran Anda mulai dari hal-hal yang kecil di sekitar Anda. Berdoalah minta Roh Kudus menyertai saat Anda melakukannya.

HIKMAT HARI INI

Hanya orang yang sabarlah yang akan mendapatkan keinginannya. - Benjamin Franklin
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com