PADANG GURUN KEHIDUPAN

Sabtu,28 April 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 107:1-43

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Roma 1

AYAT HAFALAN

Mazmur 107:8-9

RENUNGAN INSPIRASI

Mauro Prosperi adalah seorang atlet maraton tingkat dunia. Pada tahun 1994 Ia mengikuti lomba Marathon ‘Des Sables’ (maraton di atas pasir) di Maroko. Lomba tersebut diadakan selama 6 hari, melintasi gurun pasir Sahara di bawah terik matahari dan udara bertemperatur 40°C. Saat ia sedang dalam perlombaan, badai pasir melanda gurun Sahara. Badai pasir tersebut membuatnya terpisah dari pelari lainnya dan juga membuatnya keluar jauh dari rute lari yang seharusnya. Mauro akhirnya tersesat di tengah padang gurun Sahara hingga mendekati wilayah Aljazair. Bekal yang dibawanya hanya cukup untuk sehari saja. Meskipun ia sudah berusaha menghemat bekal yang dia miliki, namun tetap saja bekal itu habis sebelum dia bisa kembali. Setelah 36 jam Mauro kehabisan persediaan makanan dan air minum. Mauro bertahan hidup dengan meminum air seninya sendiri dan makan kelelawar yang berada di sebuah bangunan yang telah kosong. Mauro mulai putus asa, di sekelilingnya tidak ada siapa-siapa yang dapat menolongnya. Beruntung, ia kemudian ditemukan oleh keluarga nomaden dan dibawa ke sebuah kamp militer Aljazair, dan dari sana Mauro dibawa ke rumah sakit.

Bacaan Firman Tuhan kita hari ini adalah sebuah pujian syukur dari umat Tuhan yang pernah ditolong Tuhan saat berada di padang gurun. Pemazmur ingin mengingatkan, bahwa Tuhan yang pernah menolong mereka semasa di padang gurun, Tuhan yang sama juga yang akan menjamin perjalanan hidup mereka di masa-masa yang akan datang (Mazmur 107:1-8). Saat ini mungkin kita sedang melalui padang gurun kehidupan. Usaha dan pekerjaan sedang mengalami kesulitan, ekonomi keluarga sedang mengalami kemerosotan atau keadaan serta situasi sukar lainnya. Hal-hal ini bisa saja membuat kita sengsara, kecewa, dan putus asa. Namun jangan menyerah menghadapi semuanya itu. Tetaplah mengucap syukur dan lakukanlah apa yang menjadi bagian kita. Sebagaimana Tuhan pernah menolong umat Israel di masa kesesakan, Dia juga yang memberikan pertolongan kepada kita saat ini. Percaya kepada Tuhan, Ia pasti akan menunjukkan kasih setia-Nya kepada orang-orang yang selalu berharap kepada-Nya. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Apakah keadaan Anda saat ini sedang berada di padang gurun kehidupan? Hal apa yang perlu Anda lakukan?
2. Apa janji Tuhan kepada setiap kita saat berada di padang gurun kehidupan?

POKOK DOA

Bapa yang baik, aku percaya ketika hidupku dilanda masalah, Engkau tidak pernah meninggalkanku seorang diri. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Kuatkanlah iman dan pengharapan Anda kepada Tuhan.

HIKMAT HARI INI

Tuhan tidak pernah berkata hidup tanpa ada badai masalah, tetapi Ia berjanji akan selalu ada bersama Anda saat badai masalah datang.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com