Menyikapi Perbedaan

Sabtu,17 Februari 2018

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Lukas 4

AYAT HAFALAN

Amsal 27:17

RENUNGAN INSPIRASI

Setiap manusia diciptakan berbeda, tidak ada satu pun orang di dunia ini yang memiliki kesamaan seratus persen, sekalipun anak kembar. Terlebih lagi antara laki-laki dan perempuan jelas memiliki perbedaan. Menariknya, bila orang sedang jatuh cinta, biasanya mereka fokus pada kesamaan yang ada di antara mereka. Misalnya memiliki hobby yang sama,  selera musik yang sama, atau makanan kesukaan yang sama. Bahkan ada yang sampai menggunakan pakaian dengan warna dan motif yang sama, agar dilihat orang lain bahwa mereka serasi.

Tentu, sah-sah saja bila dalam berpacaran kamu melihat kesamaan-kesamaan  yang ada dalam diri pasanganmu secara umum. Namun, jangan sampai sobat muda mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada. Kamu perlu benar-benar mengenal perbedaan yang ada di antara kamu dan belajar untuk menyikapinya dengan benar agar nanti tidak menjadi sumber konflik. 

Firman Tuhan sendiri berkata, bahwa besi  menajamkan besi dan manusia menajamkan sesamanya. Kamu dan pasanganmu harus saling mendukung dan membangun satu sama lain. Kalian harus menjadikan perbedaan-perbedaan tersebut untuk membentuk diri kalian menjadi pribadi yang lebih baik. Ada perbedaan yang memang merupakan hal-hal prinsip, yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Misalnya perbedaan iman. Bila kamu dan pasanganmu ternyata berbeda iman, kamu harus segera mengambil sikap. Ingat gelap dan terang tidak dapat bersatu, begitu kata Firman Tuhan. Jangan kamu menjadikan hubunganmu sebagai ajang pengabaran Injil. Ada pula perbedaan-perbedaan yang tidak mungkin berubah, seperti latar belakang keluarga dan suku. Penting bagimu untuk dapat mengetahui hal-hal ini dan pikirkanlah apakah hal-hal ini akan membuat perbedaan yang cukup signifikan dalam hidupmu dan berpotensi untuk menimbulkan konflik di masa yang akan datang. Perbedaan yang lain lagi adalah perbedaan yang sulit diubah, seperti misalnya kepribadian dan kebiasaan. Kepribadian dan kebiasaan bukannya tidak dapat diubah, tetapi untuk mengubah kedua hal ini, harus dimulai dari keinginan diri sendiri. Ingat, kamu tidak akan dapat mengubah kepribadian dan kebiasaan pasanganmu. Tidak sekarang, tidak juga nanti. Jadi, bila ada kebiasaannya yang memang mengganggumu, segera putuskan apakah kamu dapat menerima hal itu atau tidak. Jangan takut untuk mengambil keputusan. Jangan memaksakan diri, karena itu hanya akan membawa masalah dalam kehidupanmu. 

YANG PERLU DIRENUNGKAN

Apa yang selama ini kamu perhatikan dari pacarmu? Apakah kamu pernah memperhatikan perbedaan apa saja yang ada di antara kamu dan pacarmu? Bila kamu tidak sedang dalam sebuah hubungan saat ini, cobalah pikirkan adakah hal-hal lain selain kesamaan yang kamu cari dari calon pasanganmu itu?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com