Bertindak dengan Iman

Minggu,29 Oktober 2017

BACAAN ALKITAB HARI INI

Markus 1:40-45

BACAAN NDC BIBLE STUDY

1 Korintus 7:1-16; 1 Raja-Raja 6-7

AYAT HAFALAN

Markus 1:41

RENUNGAN INSPIRASI

Penyakit kusta adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan di masa lalu. Di kalangan bangsa Yahudi saat itu, ada anggapan bahwa kusta adalah penyakit kutukan. Hukum yang berlaku saat itu mengharuskan penderita kusta dikucilkan dari keluarga dan masyarakat. Membayangkan akan hal ini, kita akan dapat merasakan betapa menderitanya seorang penderita kusta. Bukan hanya menderita, tetapi kepedihan karena dikucilkan dari keluarga, putus asa dan kekecewaan. Namun tidak demikian dengan orang kusta di dalam kisah ini. Walau ia dikucilkan dari masyarakat, dengan berani ia datang kepada Yesus. Ini adalah hal yang tidak lazim. Melalui kisah orang kusta ini, ada tiga hal yang dapat kita pelajari.
Pertama, dia berani melakukan hal yang tidak lazim. Ada keyakinan di dalam diri orang ini bahwa Yesus tidak akan menolak dia, sehingga dia berani menghampiri Yesus. Bukan itu saja, ia juga segera berlutut dan memohon pertolongan Tuhan. Ini menunjukkan kesungguhannya dan rasa hormatnya kepada Tuhan Yesus. Kedua, perkataannya, "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku" adalah perkataan iman. Hal ini mengajarkan kita bahwa dalam setiap doa dan permohonan kita kepada Tuhan, kita harus menyatakan iman kita bahwa biar kehendak Tuhan saja yang jadi. Ketiga, ketika Tuhan Yesus telah mentahirkannya, Yesus memberikan peringatan keras untuk tidak memberitakan kesembuhannya. Tetapi, dia tetap memberitakan peristiwa itu. Ini adalah suatu ungkapan sukacita dan ucapan syukurnya kepada Tuhan. Hidup dalam iman memerlukan keberanian. Berani untuk percaya dan berani untuk bertindak. Ketika kita bertindak dengan iman dan berani menghampiri-Nya, itu dapat menggerakkan hati Tuhan untuk menolong kita. (HS)

REFLEKSI DIRI

1. Dalam pergumulan yang sedang Anda hadapi saat ini, adakah Anda bertindak dengan iman? Apa tindakan iman Anda?

2. Apa yang Anda alami ketika Anda mulai belajar untuk bertindak dengan iman?

POKOK DOA

Bapa di sorga, terima kasih Engkau telah menolong hidupku di saat aku sedang membutuhkan pertolongan-Mu. Dalam hal apapun, aku akan tetap menjaga imanku, karena kasih-Mu kepadaku sungguh kurasakan, Tuhan. Jamahlah aku, pulihkan aku, bebaskan aku, Tuhan, dari segala belenggu yang mengikat aku.

YANG HARUS DILAKUKAN

Dalam pergumulan, masalah dan tantangan hidup yang Anda hadapi, belajarlah untuk bertindak dengan iman. Datanglah kepada Tuhan dengan penuh sikap hormat dan kerendahan hati, memohon Tuhan memberikan jalan keluar.

HIKMAT HARI INI

Iman akan membangkitkan keberanian di dalam diri kita untuk bertindak.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com