Berdamai dengan Masa Lalu

Kamis,26 Oktober 2017

BACAAN ALKITAB HARI INI

Filipi 3:1-16

BACAAN NDC BIBLE STUDY

1 Korintus 4; 2 Samuel 23-24

AYAT HAFALAN

2 Korintus 5:17

RENUNGAN INSPIRASI

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Michael Jordan pernah dikeluarkan dari tim basket sekolahnya semasa SMA. Namun, itu tidak membuat Jordan menyerah. Michael Jordan tidak pernah berhenti berlatih basket. Dia bahkan mengungkapkan ada begitu banyak kegagalan yang dia alami selama karirnya di dunia bola basket. "Saya telah meleset sebanyak 9.000 tembakan, kalah sebanyak hampir 300 pertandingan. Dalam 26 kesempatan saya dipercaya melakukan tembakan kemenangan dan gagal. Saya telah gagal, gagal, gagal, dan gagal lagi sepanjang hidup saya. Dan itulah sebabnya saya sukses." Michael Jordan yang dikenal sebagai salah satu pemain bola basket legendaris dunia sepanjang masa, ternyata juga melewati masa lalu yang penuh dengan perjuangan.

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan di dalam hidupnya. Bila kita terus menerus memikirkan kegagalan di masa lalu dan kemudian berpikir bahwa sudah tidak ada lagi harapan di masa yang akan datang, ini adalah tanda bahwa Anda telah diintimidasi oleh masa lalu. Camkanlah ini, orang yang berhasil bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan. Orang yang berhasil adalah orang yang bangkit satu kali lebih banyak dari kegagalannya. Rasul Paulus dalam Filipi 3:13 mengatakan bahwa penting bagi kita untuk mengarahkan diri kepada masa depan dan melupakan apa yang dibelakang kita. Jika kita percaya akan kasih dan pengampunan Tuhan yang telah dinyatakan dalam hidup orang percaya, maka kita juga harus belajar mengampuni diri kita sendiri atas kegagalan yang pernah kita lakukan. Berdamailah dengan masa lalu Anda dan pandanglah ke depan, karena Tuhan telah merancangkan kebaikan bagi hidup kita. (CK)

REFLEKSI DIRI

1. Adakah pengalaman kegagalan di masa lalu yang sulit Anda lupakan? Apakah Anda masih saja menyalahkan diri Anda sendiri atas kegagalan itu?

2. Apa kata Firman Tuhan dalam menyikapi masa lalu dan menghadapi masa depan? (Filipi 3:13-14)

POKOK DOA

Terima kasih, Tuhan, atas kasih dan pengampunan-Mu yang begitu sempurna di dalam hidupku. Hari ini aku datang Tuhan, memohon jamahan-Mu untuk memulihkan hidupku dan melepaskanku dari belenggu kegagalanku di masa lalu. Mulai hari ini, Tuhan, aku mau berlari-lari kepada panggilan sorgawi yang Kau berikan padaku. Peganglah tanganku dan pimpinlah jalanku, Tuhan. Karena hanya bersama-Mu aku sanggup menanggung segala perkara di dalam hidupku.

YANG HARUS DILAKUKAN

Fokuslah terhadap apa yang kita kerjakan saat ini dan rencanakan dengan baik apa yang harus dicapai di masa yang akan datang. Lepaskanlah diri Anda dari belenggu kegagalan masa lalu. Berdamailah dengan diri Anda sendiri.

HIKMAT HARI INI

Orang yang berhasil adalah orang yang bangkit satu kali lebih banyak dari kegagalannya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com