Kesepian

Rabu,25 Oktober 2017

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 38:1-23

BACAAN NDC BIBLE STUDY

1 Korintus 3; 2 Samuel 21-22

AYAT HAFALAN

Mazmur 27:10

RENUNGAN INSPIRASI

Pernahkah Anda mengalami kesepian? Tidak ada seorang pun yang mau peduli dengan Anda? Ternyata, rasa kesepian sangat berbahaya untuk kesehatan seseorang. Profesor John Cacioppo, psikolog dari University of Chicago memaparkan sebuah penelitian tentang bahaya rasa kesepian. Kesepian ternyata memiliki dampak yang lebih berbahaya dibandingkan obesitas (kegemukan). Kesepian tidak hanya dapat merusak mental, tapi juga merusak fisik. Sebuah penelitian menunjukkan 14% kematian disebabkan oleh perasaan sangat kesepian. Persentase ini lebih buruk dibandingkan jumlah kematian yang diakibatkan oleh obesitas.
Alkitab menceritakan ada seorang yang pernah merasa kesepiaan luar biasa dalam hidupnya. Bukan hanya merasa kesepiaan di tengah keramaian. Namun lebih dari itu, dia benar-benar sepi karena ditinggalkan oleh orang-orang terdekatnya. Sahabat dan teman-temannya menjauh darinya (Mazmur 38:12). Orang itu adalah raja Daud. Raja Daud mengalami gejala psychosomatis yang membuat kondisi tubuhnya berangsur-angsur melemah. Daud merasa sangat bersalah kepada Tuhan atas segala perbuatannya. Tetapi, Daud mengambil keputusan tepat ketika rasa sepi melanda hidupnya. Daud datang kepada Tuhan, karena ia menyadari hanya Tuhanlah yang senantiasa peduli dan setia menolongnya. Apakah Anda merasa kesepian akhir-akhir ini? Jangan takut dan jangan merasa bahwa Anda sedang sendiri. Tuhan Yesus adalah Allah yang setia, Anda hanya perlu menyadari hal itu. Bersukacitalah dan jangan merasa kesepian, karena Tuhan senantiasa memperhatikan hidup Anda. (DF)

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda mengalami perasaan kesepiaan? Hal apa yang Anda lakukan pada waktu itu?

2. Tindakan apa yang dapat kita pelajari dari raja Daud saat ia mengalami kesepiaan?

POKOK DOA

Bapa di sorga, hari ini aku datang ke dalam hadirat-Mu membawa segala tekanan dan permasalahan hidupku. Tuhan Yesus, Engkaulah sahabat setiaku. Engkau tidak akan pernah menolakku.

YANG HARUS DILAKUKAN

Datanglah kepada Tuhan, ceritakanlah tekanan dan masalah yang sedang Anda alami. Kemudian, bergabunglah dalam komunitas rohani (CORE) agar iman percaya Anda dapat bertumbuh.

HIKMAT HARI INI

Semua orang bisa saja berubah meninggalkan kita. Namun Tuhan adalah Bapa kita, Ia tidak akan sedetik pun meninggalkan kita.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com