Sabar Menanti

Senin,23 Oktober 2017

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yakobus 1:2-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

1 Korintus 1; 2 Samuel 16-18

AYAT HAFALAN

Amsal 14:29

RENUNGAN INSPIRASI

Orang yang menggerakkan mata dengan cepat cenderung merupakan orang-orang yang kurang sabar dan cenderung membuat keputusan yang buru-buru dan kurang tepat. Hal tersebut pernah diteliti oleh peneliti di John Hopkins University, Reza Shadmehr, profesor bidang biomedical engineering and neuroscience kepada 5.000 relawan. Mereka menemukan ada hubungan kuat antara kecepatan gerakan mata dan kesabaran atau impulsitas (pengambilan keputusan yang terburu-buru). Para peneliti itu berkata, "Tampaknya, orang-orang yang membuat gerakan cepat, setidaknya gerakan mata, cenderung menjadi orang yang tak suka menunggu. Hal ini dapat Anda lihat di lingkungan Anda, baik itu antrian bank, antrian di swalayan, restoran cepat saji atau semua tempat yang diharuskan untuk menunggu." (dikutip dari Health Day edisi 23 Januari 2014).
Dalam menjalani kehidupan, seringkali kali kita dituntut untuk bersabar, khususnya dalam sebuah penantian. Sabar dalam antrian panjang, sabar menantikan peningkatan karir, sabar menantikan hasil dari usaha kita, sabar menantikan pasangan yang sepadan dan seiman, bahkan sabar menantikan jawaban doa kita. Firman Allah berkata, "Orang yang sabar adalah orang yang memiliki pengertian" (Amsal 14:29). Kita perlu punya pengertian untuk menunjukkan kesabaran. Kunci kesabaran adalah pengertian. Orang yang tidak sabar menanti pasangan hidup, mengambil keputusan dengan cepat dan terburu-buru walau belum tentu orang yang tepat. Akhirnya penyesalan datang di kemudian hari. Orang yang tidak sabar menanti pendapatan keuangan yang mapan, akhirnya melakukan tindak penipuan, bahkan melakukan korupsi. Memang hidup dalam penantian bukanlah sesuatu kegiatan yang menyenangkan. Tetapi jika kita mau sabar mengikuti alur dengan baik, percayalah penantian kita tidak akan menjadi sia-sia. Masa penantian itu kelak akan menjadi kenangan yang indah yang akan selalu kita kenang. (DF)

REFLEKSI DIRI

1. Dalam renungan ini apa kunci agar Anda dapat belajar menjadi sabar? (Amsal 14:27)
2. Keuntungan apa yang diterima saat kita belajar sabar dalam menanti segala sesuatu?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ketika akhir-akhir ini seakan tidak seperti kehendakku, aku sadar disitu aku sedang dilatih oleh Engkau untuk melatih kesabaranku. Hari ini aku mau belajar menjadi pribadi yang sabar, termasuk dalam hal menunggu jawaban doa dari pada-Mu.

YANG HARUS DILAKUKAN

Anda dapat mulai melatih kesabaran Anda mulai dari hal-hal yang kecil di sekitar Anda. Kemudian tingkatkan lagi ke tahapan kesabaran yang lebih. Berdoalah minta Roh Kudus menyertai saat Anda melakukannya.

HIKMAT HARI INI

Hanya orang yang bersabar yang mendapatkan keinginannya. - Benjamin Franklin
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com