Membangun Keluarga yang Kokoh

Minggu,22 Oktober 2017

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kisah Para Rasul 10:1-48

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Roma 16; 2 Samuel 14-15

AYAT HAFALAN

Kisah Para Rasul 10:2

RENUNGAN INSPIRASI

Prof. Nick Stinnett dari University of Nebraska di Amerika pernah mengerjakan sebuah proyek riset tentang "Family Strength" (Keluarga yang Kuat). Risetnya tidak terbatas pada keluarga-keluarga di Amerika Serikat, tetapi juga meliputi keluarga-keluarga di negara-negara Amerika Latin, Swiss, Austria, Jerman, sampai ke Afrika Selatan. Keluarga-keluarga yang dipilih sebagai responden harus memenuhi dua kriteria, yaitu keluarga itu mengakui bahwa mereka adalah keluarga yang bahagia dan memiliki hubungan yang baik antara orang tua dan anak-anak. Dari 3.000 keluarga yang menjadi responden, diperoleh kesimpulan adanya enam elemen yang membuat sebuah keluarga menjadi kuat, yaitu: (1) mempunyai komitmen terhadap keluarga, (2) mengisi waktu bersama-sama, (3) mempunyai komunikasi yang baik dalam keluarga, (4) saling menghargai satu sama lain, (5) mempunyai komitmen rohani dan (6) mampu mengatasi krisis.
Jika Anda memperhatikan, salah satu elemen penting dari penelitian Prof. Nick adalah komitmen rohani. Artinya, jika Anda ingin memiliki keluarga yang kokoh dan bahagia, maka Anda perlu membangun komitmen kehidupan rohani bersama. Alkitab mencatat bukan saja sang perwira Kornelius yang hidup saleh tapi seluruh keluarganya juga hidup takut akan Tuhan. Sehingga Tuhan pun memberkati keluarga ini secara berlimpah-limpah (Kisah Para Rasul 10:31). Apakah ada kehangatan dalam keluarga Anda? Ataukah komunikasi dalam keluarga sudah mulai dingin? Berikanlah perhatian Anda kepada keluarga dan sungguh-sungguhlah dalam membangun kehidupan rohani keluarga Anda. Ijinkan Tuhan hadir menakhodai keluarga Anda. Percayalah, keluarga Anda akan terus kokoh selamanya, bahkan Tuhan akan menjadikan Anda sekeluarga saluran berkat bagi banyak orang. (DF)

REFLEKSI DIRI

1. Apa rahasia dari keluarga Kristen yang kokoh dalam renungan ini?
2. Langkah serta komitmen apa yang Anda ingin bangun untuk memperoleh keluarga yang kokoh?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, aku percaya saat Engkau menjadi Kepala di dalam keluargaku, maka keluargaku akan kokoh menghadapi badai hidup di tengah dunia. Aku berdoa bagi seluruh keluarga Kristen yang lain, agar mereka juga hidup takut akan Engkau dan mengutamakan Engkau. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Berilah pengertian kepada anggota keluarga tentang pentingnya membangun komitmen rohani dalam keluarga. Ajaklah mereka untuk memulai mezbah doa bersama dan kebiasaan rohani lainnya.

HIKMAT HARI INI

Keluarga akan tetap tenang di tengah badai masalah bila menjadikan Tuhan sebagai nakhoda dalam bahtera rumah tangga.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com