Feb 2019 / KULINER PENANG

Penang merupakan sebuah pulau yang terletak di pantai barat semenanjung Malaysia, dan termasuk salah satu tujuan wisata favorit bagi banyak pelancong dari Indonesia.

Untuk mencapai Penang, ada beberapa macam pilihan perjalanan. Anda dapat menggunakan penerbangan langsung yang sudah tersedia dari berbagai kota besar di Indonesia. Anda juga dapat menuju Penang dari Kuala Lumpur baik menggunakan jalur udara dan jalur darat. Jika Anda memilih jalur darat yang terhitung lebih hemat, Anda dapat naik Bus Kota dari Bandara KLIA, menuju Terminal Bersepadu Selatan (TBS) di daerah Bandar Tasik. Di Terminal TBS, Anda dapat membeli tiket Bus Express menuju Penang.

Penang merupakan destinasi liburan yang menarik, karena merupakan salah satu tuan rumah dari warisan dunia UNESCO. Warisan dunia UNESCO adalah tempat budaya atau alam yang berarti bagi umat manusia dan telah dinominasikan oleh komite warisan dunia UNESCO untuk menjadi warisan dunia international. Tempat yang telah dinobatkan menjadi warisan dunia akan memperoleh dana yang dapat digunakan untuk melestarikan tempat tersebut agar bisa terus dinikmati oleh generasi berikutnya. Dan kawasan Georgetown di Penang telah ditetapkan menjadi warisan dunia UNESCO sejak tahun 2008.

Selain untuk liburan, banyak juga warga Indonesia yang melancong ke Penang untuk keperluan medis. Beberapa nama rumah sakit disana sudah sangat tidak asing di telinga orang-orang yang hendak berobat. Selain terkenal bagus, biayanya yang relatif lebih murah dibandingkan berobat di dalam negeri menjadi faktor utama kenapa banyak sekali pelancong medis yang akhirnya memilih Penang menjadi tujuan mereka.

Selain terkenal sebagai tujuan wisata budaya dan berobat, Penang juga sangat terkenal dengan wisata kulinernya. Berikut adalah beberapa makanan khas Penang yang wajib dicoba jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke sana.

1. Char Kway Teow
Char Kway Teow adalah hidangan kwetiau goreng seperti yang biasa dapat ditemui di Indonesia. Kwetiaw digoreng dengan udang, toge, telur, dan tidak jarang ada yang mengandung daging babi. Hidangan ini sangat mudah ditemukan di seluruh Penang, karena hampir di setiap kedai makan terdapat penjual char kway teow. Cara memasaknya pun berbeda-beda, ada penjual yang memasak menggunakan arang dan ada yang menggunakan kompor biasa.

2. Nasi Kandar
Hidangan nasi ini biasanya dijual oleh orang India, dan merupakan hidangan halal. Berbentuk mirip seperti nasi padang. jika Anda memesan nasi kandar, Anda akan diambilkan sepiring nasi dan Anda tinggal menunjuk lauk yang Anda inginkan saja. Lauknya bervariasi, ada daging ayam, cumi (sotong), ikan, telur dan sayuran seperti okra, sayur kol yang dimasak dengan bumbu kari khas India. Setelah selesai memilih lauk biasanya nasi kandar akan disiram berbagai macam kuah kari.

3. Teochew Chendul
Teochew Chendul sama dengan es cendol yang biasa kita temui di dalam negeri. Cendol berwarna hijau ditabur diatas tumpukan es serut, kemudian ditambah dengan bahan lain seperti santan, kacang merah dan sirup. Hidangan ini sangat menyegarkan jika dikonsumsi saat cuaca panas.

4. Oyster Omelette
Jika Anda berkunjung ke Penang, street food khas Penang ini wajib Anda coba. Hidangan ini menggunakan bahan dasar telur dan kerang. Telur digoreng menyerupai telur dadar dan bertabur banyak daging kerang. Biasanya penjual akan memasak oyster omelette hingga matang namun tidak terlalu kering, sesuai dengan selera orang lokal. Jika Anda lebih menyukai goreng kering ada baiknya Anda memberitahukan permintaan anda kepada sang penjual. 

5. Asam Laksa
Hidangan yang didominasi rasa asam dan pedas ini juga patut Anda cicipi jika berada di Penang. Penang Asam Laksa masuk dalam peringkat ke-7 dari daftar “World’s 50 Most Delicious Food” yang diterbitkan CNN pada tahun 2011. Menggunakan mie kuning sebagai sumber karbohidrat, asam laksa biasanya terdiri atas seafood dan sayur mayur. Jika Anda penyuka makanan asam dan pedas, hidangan berkuah merah dan beraroma segar ini cocok sekali untuk selera Anda.  [EV]

 

Source Image
https://www.wokandskillet.com/wp-content/uploads/2016/07/Char-Kway-Teow-735x999.jpg
https://funntaste.com/wp-content/uploads/2018/02/Nasi-kandar-shaaz-sunway-funntaste-1.jpg
https://www.burpple.com/f/TVcN_Kde
https://sethlui.com/wp-content/uploads/2016/01/Katong-Keah-Kee-Fried-Oysters-2.jpg
https://www.rotinrice.com/wp-content/uploads/2014/09/AsamLaksa-1.jpg
 

©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com