Januari 2019 / What Is Prayer

Doa merupakan proses komunikasi yang menghubungkan kita untuk dapat berbicara langsung kepada Tuhan. Dalam Yeremia 33:3 tertulis, “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.”

Tuhan ingin agar umatnya berkomunikasi dengan-Nya seperti layaknya orang berkomunikasi melalui telepon. Saat ini handphone telah menjadi kebutuhan pokok dan dengan menggunakan handphone,  dua atau lebih orang dapat berinteraksi, berdiskusi dan saling memberikan respon.

Buat sebagian orang, doa terasa seperti hal yang sulit, padahal doa hanyalah sesederhana berbicara kepada Tuhan. Orang juga kadang bertanya bagaimana caranya berdoa. Apa yang dibicarakan saat berdoa?

Doa seperti layaknya berbicara dengan sahabat akrab. Kita dapat berbicara dengan nyaman. jika kita tahu kalau orang yang kita ajak bicara mengasihi kita,

  • Minta Yesus untuk mengampuni Anda dan membuat Anda menjadi baru di dalam Dia. Kisah Rasul 3:19 “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan.”
  • Ceritakan kebutuhan, sukacita, dukacita, kekuatiran, kekuatan – semua hal kepada-Nya. 1 Petrus 5:7 “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”
  • Ucapkan syukur. Filpi 4:6 “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

Bagaimana kita berdoa?

  • Dengan yakin dan percaya Ia akan menjawab doa. Efesus 3:12. “Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh keperayaan oleh iman kita kepada-Nya.  Ibrani 4:16  “Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri tahta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.”
  • Dengan sukacita karena Ia menjawab doa. Kisah Rasul 2:28 “Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu.
  • Dengan iman Ia akan menjawab doa. Ibrani 11:6 “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.”
  • Dengan penuh pujian dan penyembahan. Mazmur 99:5 “Tinggikanlah Tuhan, Allah kita, dan sujudlah menyembah kepada tumpuan kaki-Nya! Kuduslah Ia!”
  • Dengan hati yang penuh kasih dan pengampunan. Markus 11:25 “Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.”
  • Di dalam nama Yesus. Yohanes 14:13 – 14 “dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku (Yesus), Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

 

Seberapa sering kita berdoa?
Dalam Alkitab tertulis dalam 1 Tesalonika 5:17, “Tetaplah berdoa.”

Tuhan selalu mendengar dan menjawab doa-doa kita. Matius 7:11 “Jadi jika kamu yanbg jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

 Jika kita meminta, Tuhan akan menjawab. Matius 7:7 – 8 “ Mintalah, maka anakn diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”

Tuhan tidak pernah gagal dalam menjawab doa. Tidak ada batasan kuasa Tuhan dalam menjawab doa. Efesus 3:20 “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.”

Bahkan ada masa Tuhan menjawab doa bahkan sebelum kita meminta. Yesaya 65:24 “ Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya.”

Kadang Tuhan menjawab “Tidak” akan doa permintaan kita. 2 Korintus 12:8 – 9 “ Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku. Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.”

Kadang Tuhan menjawab doa dengan berkata, “Tunggu.” Mazmur 46:10 “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi.”

Jangan berhenti berdoa. Saat kita tidak tahu apa yang harus kita doakan, Roh Kudus akan membimbing. Roma 8:26 – 27 “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tiak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa, tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.”

Allah telah memberikan yang terbaik di dalam Yesus Kristus, Ia tidak akan menahan hal-hal baik dari kita. Roma 8:32 “Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nhya sendiri, tetapi menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?”

 

Jadwal Rutin Kegiatan Doa NDC

ENCOUNTER (Doa Malam)
Setiap hari Rabu di NDC Baywalk Lt.11. Pk. 19.00 - 20.30 WIB
 

Menara Doa
Setiap hari Senin-Sabtu di Soho Capital  Lt. 21, dibagi dalam 3 sesi :

  • Sesi 1: 08.00-10.00
  • Sesi 2: 10.00-12.00
  • Sesi 3: 12.00-14.00

Doa-doa ini terbuka untuk hamba-hamba Tuhan, penginjil, pendoa, dan terbuka untuk umum.
 

Sekolah Doa
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi sekretariat NDC, Telp: (021) 29181312, E-mail: sekretariat@ndcministry.org 

[EH]

©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com