Januari 2019 / HABITS YOU NEED TO LOSE

Tahun 2018 baru saja lewat. Banyak orang ketika memasuki tahun yang baru membuat daftar resolusi atau target yang ingin mereka capai. Tidak ada salahnya jika memasuki tahun baru ini, hanya membuat daftar resolusi, tetapi juga membuat daftar kebiasaan yang perlu ditinggalkan agar sepanjang tahun yang baru ini hidup dapat menjadi lebih baik lagi. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang perlu Anda pertimbangkan untuk segera dihentikan:

Procrastination
Procrastination adalah kebiasaan menunda melakukan pekerjaan penting yang memiliki urgensi tinggi dengan malah mengerjakan hal lain atau bahkan bermalas-malasan. Orang yang sering menunda-nunda akan selalu melakukan segala sesuatunya di menit-menit terakhir, dan hal-hal yang dilakukan di menit-menit terakhir biasanya tidak bisa maksimal karena minimnya persiapan.

Gaya Hidup Tidak Sehat
Memasuki tahun yang baru ini ada baiknya Anda mengambil komitmen untuk memperbaiki gaya hidup untuk menuju ke arah yang lebih sehat. Kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi junkfood dan kurang berolahraga patut Anda tinggalkan. Belajar memasak makanan sehat, rutin berolahraga, atau berhenti merokok bisa dijadikan salah satu resolusi tahun 2019 untuk mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat.

Hanging out with the Wrong Crowd
Pergaulan Anda sangat menentukan masa depan Anda. Ada baiknya awal tahun ini Anda gunakan sebagai waktu untuk mempertimbangkan ulang dampak pergaulan Anda selama 2018. Apakah teman-teman Anda membawa anda menjadi pribadi yang lebih baik atau malah sebaliknya. Jika lingkungan pergaulan Anda tidak membuat Anda berkembang ke arah yang positif, Anda perlu mulai merombak lingkungan pergaulan demi masa depan yang lebih baik.

Binge Watching
Binge memiliki arti pesta. Binge watching adalah kegiatan menonton yang dilakukan secara berlebihan seperti marathon menonton. Menonton secara berlebihan memiliki banyak efek yang negatif tidak hanya pada kesehatan tubuh saja, tetapi juga terhadap kesehatan jiwa dan mental seseorang. Memasuki tahun yang baru ini, binge watching Netflix atau drama seri sebaiknya Anda kurangi dan digantikan dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. 

Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu dengan Gadget
Orang sekarang ini banyak yang terjangkit nomophobia, yaitu phobia di mana seseorang tidak bisa lepas dari gadget. Menghabiskan waktu terlalu banyak dengan gadget memiliki banyak efek negative seperti kurang tidur karena waktu yang seharusnya dipakai untuk berisitirahat malah digunakan untuk bermain gadget, terserang kecemasan jika tidak dapat mengakses gadget, dan bahkan rentan mengidap berbagai penyakit kejiwaan yang merupakan akibat dari maraknya penggunaan gadget dan media sosial.

Tidak Peduli terhadap Lingkungan
Lingkungan hidup mendapat perhatian serius sepanjang 2018, seperti sampah plastik di lautan yang telah mencapai titik mengkhawatirkan, pemanasan global karena polusi yang terus meningkat, penggundulan hutan demi kepentingan industri, dan masih banya lagi.  Ada baiknya jika di tahun yang baru ini Anda mulai memupuk rasa peduli dan mulai peka terhadap lingkungan. Lakukan langkah kecil untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan sekitar anda agar bumi bisa terus menjadi tempat yang layak bagi generasi selanjutnya.  

Malas Membaca
Buku adalah jendela dunia, banyak membaca akan memampukan Anda untuk dapat melihat dunia dengan perspektif yang luas. Awali tahun ini dengan banyak membaca, perluas pengetahuan Anda, perbanyak keahlian baru agar hidup Anda ter-upgrade. 


Tidak Terhubung dengan Alam
Banyak orang jaman sekarang minim berinteraksi dengan alam. Waktu mereka banyak  dihabiskan di dalam ruangan, menggunakan  gadget, di depan layar televisi atau komputer. Tahun 2019 ini, luangkan waktu untuk mengeksplorasi alam, berada di luar ruangan dan akan ada banyak hal yang Anda dapat pelajari saat Anda menaruh perhatian ke alam.  “Look deep into nature and you will understand everything better.”   Albert Einstein

Multitasking
Multitasking atau melakukan berbagai hal di waktu yang bersamaan memiliki lebih banyak efek negatif dibanding efek positif. Pertama, multitasking dipercaya akan  malah menurunkan produktivitas kerja. Kedua, fokus yang terbagi-bagi saat multitasking akan meningkatkan resiko melakukan kesalahan yang tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga orang lain.

Setelah membaca penjabaran dari  beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan, apakah Anda tertarik untuk mempraktekannya di awal tahun ini? Niscaya, Anda dapat melihat hasil positif di akhir tahun nanti. [EV]

©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com