December 2018 / BENEFITS OF CREATIVITY

Beberapa bulan lalu, Inspire sempat membahas tentang pentingnya memiliki soft skills dalam dunia kerja. Perpaduan antara soft skills, pengetahuan dan pengalaman merupakan kombinasi penting untuk mengakselerasi perjalanan karir. Namun ternyata ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnya untuk dimiliki, yaitu kreativitas.

Beberapa tahun belakangan ini sektor industri kreatif makin banyak menyita perhatian dan diminati oleh generasi muda. Masyarakat ekonomi dunia dan bahkan pemerintah Indonesia pun mulai melirik sektor ini sebagai salah satu sektor yang memiliki kontribusi krusial dalam perekonomian negara.

Industri kreatif dapat diartikan sebagai aktivitas ekonomi yang memadukan kreativitas, keterampilan, pengetahuan, informasi serta talenta untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Industri kreatif memiliki banyak subsektor diantaranya adalah seni kerajinan, seni design, seni pertunjukan, seni peran, fashion, film, musik, literatur, periklanan, kuliner, dan lain sebagainya.

Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan penguasaan kreativitas baik dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari?

1. Kreativitas Mendorong Pengembangan Diri
Pengembangan diri berbanding lurus dengan kreativitas. Seseorang yang kreatif tidak akan bertahan lama dalam comfort zone. Ia akan selalu memiliki keinginan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik atau solusi yang lebih efektif. Fokus dari orang kreatif adalah peningkatan, baik itu perbaikan dalam hal sistem maupun kinerja produk. Untuk mencapai tujuan tersebut, ia butuh terus menerus mempelajari hal-hal baru, sehingga pada akhirnya secara otomatis seseorang yang kreatif juga akan menjadi seorang life-long learner.

2. Kreativitas Mempertajam Kemampuan Proble- Solving
Memiliki kreativitas akan sangat membantu seseorang untuk problem solving. Seiring waktu dan pengalaman, dan dengan kreativitas, problem solving skills akan menjadi semakin tajam. Kreativitas akan membantu seseorang untuk dapat berbikir yang out of the box dan dapat berujung pada penciptaan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. 

3. Kreativitas Meningkatkan Kepercayaan Diri
Kreativitas memberikan ruang kebebasan bagi seseorang untuk mengekspresikan ide dan pikirannya. Jika seseorang diberi kebebasan mengekspresikan diri, seiring waktu ia akan semakin terbiasa berkreasi dan menjadi pribadi yang percaya diri dalam menunjukkan ide dan kreativitasnya. 

4. Kreativitas Dapat Mengurangi Stress
Seperti olahraga, banyak penelitian menyimpulkan bahwa aktivitas kreatif dapat mengurai stress, membantu menghindarkan seseorang dari depresi dan bahkan dapat memperkuat sistem imun tubuh. Mungkin karena alasan inilah, banyak orang memilih aktivitas kreatif sebagai hobi seperti fotografi, melukis, pottery.

5. Kreativitas Dapat Membantu Menghemat Uang
Istilah DIY (do it yourself) sudah tidak asing lagi. Kreativitas dapat menghasilkan barang produksi DIY yang digunakan ataupun dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari seperti sabun, lilin aromaterapi, pakaian, cake, pastry. Jika dapat membuat sendiri barang-barang kebutuhan tersebut, tidak perlu lagi untuk membeli barang-barang tersebut. 

Itulah beberapa keuntungan yang didapatkan jika memiliki kreativitas. Baik bagi Anda yang berminat untuk berganti karir ke bidang kreatif yang belakangan ini sangat menjanjikan atau tetap pada jalur Anda yang sekarang, kreativitas tetaplah sesuatu yang menguntungkan dan layak untuk dikuasai karena kreativitas dapat diaplikasikan dalam pekerjaan dan kehidupan  sehari-hari. [EV]

©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com