Oktober 2018 / PRESBIOPI

Pernahkah Anda membaca sesuatu dengan memegang objek sejauh mungkin hingga lengan Anda terentang lurus? Atau pernahkah Anda mudah merasakan kelelahan pada mata setelah melihat objek yang dekat? Apakah Anda merasa kesulitan saat harus membaca tulisan kecil? Dan apakah Anda membutuhkan pencahayaan yang lebih terang dari biasanya ketika membaca? Jika Anda mengalami gejala-gejala diatas, kemungkinan besar Anda telah mengidap gangguan mata yang dikenal dengan nama presbiopi atau yang sering disebut mata tua. Dalam Bahasa Mandarin, gangguan mata ini disebut 'lao hua' yang berarti old flower.

Untuk dapat melihat benda dengan jelas, lensa mata dibantu oleh otot-otot mata yang ada di sekelilingnya. Otot inilah yang dapat mengubah bentuk lensa menjadi cembung atau pipih, menyesuaikan dengan jarak pandang kita. Lao hua atau mata tua terjadi karena otot-otot ini mulai kehilangan elastisitasnya dan mulai mengeras sehingga lensa mata pun juga ikut menjadi kaku dan semakin sulit berubah bentuk.

Presbiopi biasanya mulai diderita ketika seseorang telah memasuki usia 40an. Namun baru-baru ini telah diketemukan faktor-faktor lain yang bisa mempercepat datangnya presbiopi seperti faktor penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, multiple sclerosis, dll) atau sudah terlebih dulu mengidap rabun dekat atau hyperopia.

Walaupun belum ada uji klinis yang menguatkan, terlalu sering menatap gadget pun digadang bisa menyebabkan seseorang mengalami presbiopi dini. Ketika menatap gadget, jarak membaca seseorang kebanyakan menjadi lebih dekat dibandingkan ketika ia membaca buku. Hal ini otomatis bisa menyebabkan kelelahan pada otot mata karena semakin dekat jarak pandang Anda terhadap suatu objek, otot akan semakin bekerja keras. Sebaliknya, semakin jauh Andamelihat suatu objek, otot mata menjadi semakin rileks. 

Kabar buruknya, tidak ada cara yang bisa untuk mencegah ataupun menghentikan laju presbiopi. Ini adalah kondisi mata yang tidak dapat dihindari karena pasti akan datang seiring dengan bertambahnya umur seseorang. Namun seiring dengan makin canggihnya dunia pengobatan, lao hua sudah bisa diobati dengan beberapa metode seperti bedah retraktif, inlay kornea dan implan lensa. Namun jika anda tergolong orang yang lebih suka menghindari operasi, solusi bagi anda adalah dengan mengenakan kacamata maupun lensa kontak khusus untuk penderita presbiopi.

Anda mungkin bertanya-tanya, dapatkah asupan makanan dan olahraga mengurangi laju presbiopi? Jawabannya tidak, karena kedua hal tersebut belum terbukti bisa memperbaiki sistem anatomi mata. Namun ada beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk memperlambat datangnya lao hua seperti jaga jarak membaca yang ideal, baik itu ketika Anda membaca buku ataupun menatap gadget. Perbesar huruf di gadget sehingga Anda bisa menjauhkan jarak membaca anda. Kemudian pastikan Anda membaca di lingkungan yang penerangannya cukup dan tidak terlalu silau. Ingat juga untuk mengistirahatkan mata Anda dengan memandang jauh setiap interval 15 menit ketika Anda membaca dekat dengan intens, karena hal ini akan membuat rileks otot dan lensa mata Anda. [EV]

©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com