Oktober 2018 / 7 SKILLS YANG DIPERLUKAN AGAR TETAP RELEVAN DI TAHUN 2020

Market place telah mengalami perubahan yang signifikan selama beberapa tahun belakangan ini. Banyak pekerjaan yang dulunya masih membutuhkan tenaga manusia sekarang sudah digantikan oleh robot-robot AI. Tidak sedikit pekerjaan yang telah terkena dampak perampingan berkat perkembangan teknologi. 
Iklim market place pun mengalami banyak perubahan. Skill yang dulu memegang peranan penting, dianggap tidak krusial lagi. Jaman terus berubah, dan agar siap menghadapi perubahan di market place Anda perlu terus-menerus memperbanyak dan mempertajam skill yang Anda miliki.

Berikut adalah 7 skill yang sebaiknya Anda miliki agar dapat tetap relevan dalam memasuki tahun 2020:

  1. Efffective Communication 
    Memiliki effective communication skill berarti mampu berkomunikasi dengan beragam latar belakang, usia dan kedudukan. Apapun bidang pekerjaan Anda, Anda perlu untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara vertikal maupun secara horizontal. Memiliki effective communication skill bukan hanya berguna untuk menghindari miskomunikasi, tetapi juga agar pesan yang ingin Anda sampaikan bisa diterima dengan tepat oleh pendengar.  
  2. Negotiation 
    Negotiation skill sangat erat kaitannya dengan communication skill. Negotiation skills merupakan versi communication skills yang telah di-upgrade. Kemampuan negosiasi memerlukan kombinasi antara keahlian komunikasi dan kemampuan persuasif. Dalam negosiasi, sedikit banyak Anda perlu meyakinkan lawan bicara Anda agar setuju dengan perkataan Anda dengan cara yang halus. Jika Anda tampil terlalu dominan atau manipulatif dan membuat lawan bicara Anda merasa terintimidasi, maka kemungkinan besar negosiasi akan gagal di tengah jalan.
     
  3.  Emotional Intelligence
    Belakangan ini EQ telah berhasil menggeser IQ sebagai komponen terpenting yang dicari dalam diri seseorang dalam proses perekrutan. Setiap profesi membutuhkan kombinasi yang seimbang antara IQ dan EQ. Contohnya dokter yang bersikap simpatik terhadap pasiennya akan lebih banyak dicari dibanding dokter dengan sederet titel namun minim rasa simpati. Bisnis dengan pre- dan after sales sevice yanbg baik akan lebih direkomendasikan dibandingkan bisnis yang hanya baik ketika pre-sales saja.   
     
  4. Creative Thinking
    Di era digital serperti sekarang ini, suatu pesan harus dikemas dalam cara yang unik untuk dapat menangkap perhatian. Anda harus stand out from the crowd untuk dapat mencuri perhatian publik. Untuk menjadi unik dan beda dari yang lain, Anda membutuhkan kreativitas yang tinggi. Kreativitas memainkan peranan yang sangat penting mulai dari proses produksi, marketing hingga sales. Perbedaan dan keunikan itulah yang pada akhirnya dapat menyita perhatian publik.   
     
  5. Story Telling
    Manusia cenderung suka mendengarkan kisah orang lain yang relatable dengan hidup mereka sendiri. Kebanyakan orang akan lebih mudah mengingat alur cerita dibanding dengan chart dan angka-angka faktual. Produk dan jasa yang dipasarkan dengan cerita sukses seseorang ketika menemui masalah, kemudian berhasil melewatinya berkat bantuan sebuah produk atau jasa tersebut lebih menjual dibandingkan dengan produk dan jasa yang hanya memaparkan angka dan tabel. 
     
  6. Leadership
    Leadership tidak mengharuskan Anda berada dalam posisi pemimpin. Leadership adalah tentang bagaimana Anda memiliki pengaruh terhadap orang sekitar, Bagaimana Anda dijadikan panutan. Leadership skill tidak akan pernah lekang oleh waktu, sampai kapanpun juga leadership skill akan menjadi salah satu skill yang penting untuk dimiliki.    
  7. Agility
    Agility berbicara soal fleksibilitas dan kelincahan Anda baik sebagai pelaku usaha maupun karyawan. Untuk bisa bertahan di jaman yang perubahannya sangat cepat ini, Anda tidak bisa kaku dan mempertahankan nilai-nilai lama yang sudah tidak relevan. Era serba digital dan instant seperti sekarang ini memungkinkan Anda untuk melakukan meeting tanpa harus berjuang menembus kemacetan. Anda dapat menyiapkan dokumen kapanpun dan dimana saja tanpa harus kembali dulu ke kantor dulu. Anda pun dapat menjalankan bisnis dengan ruang negosiasi yang besar untuk dapat bersaing. Segalanya berubah dengan sangat cepat dan jika anda tidak fleksibel dan lincah mengikuti perubahan maka Anda akan tertinggal. [EV]
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com