Agustus 2018 / BOUNDARIES OF FREEDOM

Yesus datang untuk memberikan kemerdekaan dari belengu dosa. Ini merupakan kemerdekaan sejati yang merupakan hasil dari kasih karunia. Kemerdekaan ini menyelamatkan manusia dari maut dan memberikan kehidupan yang baru di dalam pengenalan akan Yesus Kristus, karena hanya melalui Kristus kita dapat merdeka dan beroleh hidup yang kekal (Yohanes 14:6).

Hanya dengan menerima Kristus menjadi Tuhan dan Juruselamat, dan belajar menjadi hamba Kristus, seseorang dapat mengalami kemerdekaan yang sejati dan dibebaskan dari belengu ke-aku-an dan dari belengu dosa.

Ini bukan berarti kita merdeka untuk melakukan apa saja yang diinginkan. Kemerdekaan di dalam Kristus berarti kemerdekaan untuk berhubungan langsung dengan Allah, dan kemederkaan yang tidak dapat dilepaskan dari batas-batas yang telah ditetapkan Allah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, batas berarti pemisah antara dua bidang; ketentuan yang tidak boleh dilampaui.

Batas berbicara tentang tanggung jawab atas kehidupan pribadi. Allah memberikan kebebasan memilih bagi kita untuk hidup di dalam batas-batas yang Ia tentukan. Hidup dalam batas-batas yang ditetapkan Allah akan mendatangkan berkat, tetapi hidup di luar batas yang ditetapkan Allah akan mendatang kehancuran dan kematian (Roma 6:23). Seperti yang terjadi pada Adam dan Hawa di Taman Eden. Mereka memiliki kebebasan atas semua yang ada di dalam taman itu, namun Allah memberikan batasan untuk tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan yang buruk. Ketika mereka memilih untuk melewati batas tersebut, maka mereka jatuh di dalam dosa.

Seseorang dengan batasan yang sehat memiliki tanggung jawab untuk dirinya sendiri dan menerima satu sama lain. Baik Allah maupun masyakarat memiliki hukum dan konsekuensi bagi mereka yang melanggar hukum (Roma 13:1-4). Pernikahan yang sehat memerlukan batas. Batas juga dapat diaplikasikan dalam parenting. Pembatasan yang sehat membimbing anak untuk menjadi individu yang diinginkan Allah. Pada saat seorang anak belum dewasa, seringkali ia merasa batasan-batasan yang diberikan sebagai hal yang tidak adil. Tetapi pada saat mereka dewasa, mereka akan menyadari bahwa batasan-batasan tersebut sesungguhnya bertujuan untuk melindungi mereka.

Sebagai orang percaya, batas erat kaitannya dengan penguasaan diri yang merupakah salah satu dari buah Roh (Galatia 5:22-23). Penguasaan diri berarti menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah, dan Ia akan memberikan kita kemampuan untuk membuat pilihan-pilihan yang sesuai dengan batas-batas yang telah Ia tentukan.

Jika Engkau memakan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semua itu untuk kemuliaan Allah.
1 Korintus 10:31

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur kepada Dia kepada Allah, Bapa Kita.
Kolose 3:17

Setiap orang percaya merdeka untuk melakukan berbagai hal bagi kemuliaan Allah. Orang percaya dapat berbuat, berkehendak, berpikir dalam nama Yesus. Setiap perbuatan orang percaya mencerminkan Kristus.

Kemerdekaan yang dimiliki orang percaya harus sejalan dengan apa yang Yesus Kristus sendiri dapat dan akan lakukan. Jangan sampai kemerdekaan orang percaya menyalahi apa yang tertulis di dalam Galatia 5:13 dan dalam 1 Petrus 2:16.

Kemerdekaan yang dimiliki orang percaya harus digunakan untuk menyenangkan hati Tuhan. Ia telah memberikan segala hal yang baik dalam kehidupan Anda. Ia membersihkan Anda dan memberikan hati yang taat (Yehezkiel 36:25-27) agar Anda dapat hidup sesuai dengan kehidupan yang Ia telah rencanakan, dan hidup dalam kekudusan. Ingatlah, karena Adam dan Hawa telah keluar dari batas yang ditetapkan Allah, maka manusia terpisahkan dari kemulian Allah. [EH]

 

Freedom by Bethel Music

You came to set the captives free
You came to bring us liberty
My sin and my rejection
Your blood and my acceptance
Now I'm alive to bring You praise

Where the Spirit of the Lord is, there is freedom
Where the Spirit of the Lord is, there is freedom
Every chain is broken through You, Jesus
Where the Spirit of the Lord is, there is freedom

I'm free I'm free, I'm free to dance and sing
I'm free, I'm free, I'm free to shout it out
I'm free, I'm free, I'm free to dance and sing
I'm free, I'm free, I'm free to worship You
I'm gonna worship you

©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com