May 2018 / ELECTRICAL MUSCLE SIMULATOR

Masyarakat semakin menyadari akan pentingnya kesehatan. Ini terlihat dari menjamurnya pusat-pusat kebugaran, ramainya penjualan jus kesehatan, dan trendingnya gaya hidup sehat. Berbagai macam jenis olahraga baru juga mulai terdengar, sebut saja aerial yoga, aqua zumba, piloxing, termasuk Electrical Muscle Simulator (EMS), yang akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Sebenarnya EMS bukanlah istilah baru dalam bidang kesehatan. Metode ini telah digunakan untuk terapi fisik dan rehabitilasi sejak beberapa dekade terakhir.  Namun belakangan ini EMS telah berkembang menjadi olahraga yang mulai digandrungi oleh kaum urban terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. 

Dari nama latihan ini, dapat ditebak jika EMS menggunakan komponen listrik. Jika Anda baru pertama kali mencoba olahraga ini, Anda akan diminta untuk mengisi formulir tentang riwayat kesehatan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah Anda cukup fit untuk mencoba latihan fisik berbasis listrik ini. Olahraga ini hanya bisa dilakukan di dalam ruangan. Anda perlu menggunakan pakaian khusus berupa rompi yang terhubung dengan kabel langsung ke mesin EMS. Sebelum dikenakan, rompi akan terlebih dahulu dibasahi dengan semprotan air agar aliran listrik bisa terasa di titik-titik yang dipasang bantalan elektroda seperti punggung atas, punggung bawah, lengan atas, perut, dan paha.

Ketika rompi sudah terpasang ketat di badan, dan telah terpasang kabel-kabel yang terhubung ke mesin, Anda kemudian akan dipandu oleh pelatih untuk melakukan gerakan-gerakan senam ringan. Sambil melakukan gerakan-gerakan tersebut, tubuh Anda akan dialiri listrik selama beberapa detik dan terus berulang selama 20 menit. Kekuatan listrik yang dialirkan akan disesuaikan dengan target latihan dan kekuatan badan Anda. Perbedaan olahraga EMS dengan fitness kovensional secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut: di pusat kebugaran biasa, alat-alat yang membuat otot anda bekerja, sedangkan pada di tempat latihan EMS, aliran listriklah yang membuat otot anda bekerja. 

Berikut adalah beberapa kelebihan olahraga dengan metode EMS dibandingkan metode olahraga lainnya.

  1. Efisien
    Latihan dengan metode EMS hanya dianjurkan untuk dilakukan selama 20 menit saja. Aliran listrik yang langsung masuk ke otot dan menyebabkan otot berkontraksi. Berdasarkan testimoni orang-orang yang pernah mencoba, olahraga EMS ini menyebabkan banjir keringat walaupun hanya berdurasi 20 menit dan dipercaya memiliki manfaat yang sama dengan berolahraga selama dua jam di pusat kebugaran konvensional. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk warga kota besar yang cenderung ingin berolahraga namun sering terbentur masalah jadwal yang padat.
     
  2. Minim Resiko Cedera
    Cedera ataupun kecelakaan pada saat olahraga sudah sangat lazim kita dengar. Penggunan alat berat untuk melatih otot cenderung menjadi pemicu utama cedera apabila kelebihan beban atau salah postur. Cedera tidak hanya terjadi pada otot, tetapi bisa juga terjadi pada sendi, syaraf, ligamen, sendi dan bahkan tulang. Olahraga dengan metode EMS ini hanya berfokus pada otot sehingga kemungkinan untuk cedera pada bagian tubuh lain menjadi relatif sangat kecil.
     
  3. Berfungsi Juga Sebagai Alat Terapi
    Seperti yang telah disebutkan diatas, EMS bukanlah hal baru dalam bidang kesehatan. Di samping dapat menjadi alternatif olahraga untuk menguatkan otot pada orang yang sehat, metode EMS dipandang bisa juga menjadi alternatif terapi dan rehabilitasi otot bagi pasien yang sakit punggung, pinggang, stroke ringan, lumpuh sebagian atau bahkan seluruh badan. Pasien dengan penyakit di atas cenderung memiliki keterbatasan gerak, sehingga sulit untuk berolahraga layaknya orang sehat. Latihan otot dengan metode EMS ini dapat membantu menghindari  semakin menyusutnya otot karena kurang gerak,

Apakah olahraga ini dapat membantu menurunkan berat badan? Sejauh ini belum ada penelitian pasti yang bisa mendukung pernyataan itu. Untuk mengurangi berat badan, selain berolahraga, Anda juga harus menjaga asupan makanan. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencoba olahraga yang sedang naik daun ini? (EV)

©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com