May 2018 / ROYAL WEDDING

Inggris kembali menggelar Royal Wedding yang akan diadakan pada tanggal 19 Mei 2018. Pernikahan ini adalah pernikahan putra bungsu dari Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana, Pangeran Harry dengan Megan Markle, aktris asal Amerika Serikat.

Negara-negara berbentuk kerajaan memiliki mempunyai tradisi dan aturannya sendiri berkenaan dengan royal wedding. Di Belanda misalnya, royal wedding harus mendapatkan ijin dari keluarga dan parlemen. Pangeran Pieter-Christian dari Belanda harus rela kehilangan haknya mewarisi tahta kerajaan karena ia tidak mendapatkan ijin dari parlemen untuk menikahi wanita biasa yang bekerja sebagai marketing di balai lelang Christie. Hal senada pun dialami oleh Putri Sayako asal Jepang. Keputusannya untuk tetap menikahi pria 'biasa' bernama Yoshiki Kuroda pada tahun 2005 menyebabkan ia harus melepas titelnya sebagai putri kerajaan negeri matahari terbit tersebut.  

Kerajaan Inggris bisa dibilang lebih fleksibel mengenai aturan menikahi orang biasa. Namun ketika seorang pria biasa menikah dengan anggota keluarga kerajaan, titelnya tidak serta merta mengikuti titel sang isri. Suami dari Ratu Elizabeth dikenal luas dengan sebutan Pangeran Phillip, bukan Raja Phillip walaupun setelah ia menikahi sang ratu. Hal ini tidak berlaku apabila wanita biasa menikahi pria dari keluarga kerajaan. Ketika Kate Middleton menikahi Pangeran William, yang juga dikenal sebagai Duke of Cambridge, secara otomatis ia mendapat gelar Duchess of Cambridge.

Tidak hanya soal itu saja, dahulu kala sesuai dengan hukum dan ketetapan Gereja Inggris, seorang raja tidak diperkenankan untuk menikahi wanita yang pernah menikah sebelumnya. Jika ia berkeras maka ia akan diperhadapkan pada dua pilihan, tetap menikahi wanita pilihannya tetapi kehilangan gelar kerajaannya, atau mengakhiri hubungan tersebut. Pangeran Edward VIII memutuskan mengambil pilihan pertama, ia menikahi Wallis Simpson dan kemudian kehilangan haknya menjadi raja.

Namun dengan seiringnya waktu, peraturan ini luntur. Pangeran Charles tetap memiliki hak untuk menjadi raja Inggris walaupun ia menikahi Camilia Parker Bowles, dan ini juga berlaku untuk Pangeran Harry. Royal Wedding ini merupakan pernikahan kedua bagi Megan Markle, yang berusia 3 tahun lebih tua dari Pangeran Harry.

Megan Markle, aktris cantik pemeran Rachel dalam drama seri Suits ini, lahir pada tanggal 4 Agustus 1981 dari pasangan Thomas Markle dan Doria Ragland yang merupakan keluarga seniman. Ayahnya adalah serorang lighting director Hollywood dan ibunya adalah seorang instruktur yoga dan pekerja sosial.

 

Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya tentang royal wedding antara Pangeran Harry dan Megan Markle.  

  • Secara tradisi, pernikahan di kalangan keluarga kerajaan biasanya diadakan di hari kerja. Kakak dari Pangeran Harry, Pangeran William menikahi Kate Middleton pada hari Jumat, dan sang nenek, Ratu Elizabeth menikah pada hari Kamis. Namun pernikahan Pangeran Harry dan Megan Markle tidak akan mengikuti tradisi itu dan akan berlangsung pada hari Sabtu. Hingga saat ini, pemerintah masih mempertimbangkan apakah hari tersebut akan ditetapkan menjadi hari libur nasional atau tidak.
  • Berbeda dengan Ratu Elizabeth, sang nenek yang saat menikah mengundang sekitar 2000 orang, dan kakaknya Pangeran William yang mengundang sekitar 1900 orang, pernikahan Pangeran Harry dan Megan Markle hanya akan mengundang sekitar 600 orang. Pangeran Harry merupakan urutan ke-6 dalam antrian tahta kerajaan Inggris, maka ia tidak diwajibkan untuk mengundang kalangan diplomat dan politisi asal Inggris maupun dari negara lain. Nama-nama seperti Donald Trump dan Barrack Obama dipastikan tidak masuk dalam daftar undangan pernikahan pasangan ini.
  • Pasangan ini memang sudah terkenal dengan keterlibatan mereka dalam berbagai aktivitas sosial dan kegiatan kemanusiaan, sehingga keduanya telah memutuskan untuk tidak menerima hadiah pernikahan. Uang yang diterima sebagai hadiah pernikahan akan disumbangkan ke berbagai organisasi sosial dan kemanusiaan yang sudah mereka tunjuk seperti CHIVA, Crisis, Myna Mahila Foundation, Scotty's Little Soldiers, StreetGames, dan Surfers against Sewage and The Wildenerness Foundation UK.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com