April 2018 / BERKENALAN DENGAN MAKANAN KOREA

     Apakah Anda tahu kalau makanan Korea adalah salah satu makanan yang paling sehat di dunia? Pada saat Anda menyantap makanan Korea, maksimum kalori yang terkandung akan kurang dari 600 kalori. Anda dapat membandingkannya dengan memakan satu potong pizza yang mengandung lebih dari 1000 kalori. Makanan Korea kaya rasa dan rendah kalori merupakan alasan rendahnya obesitas dengan negara tersebut.

Berikut ini beberapa fakta mengapa makanan Korea baik untuk kesehatan:

  • Soup
    Acara makan dengan menu makanan Korea tidaklah lengkap tanpa soup. Soup adalah makanan yang tepat untuk mengisi perut Anda dan tidak mengandung kalori yang besar.
     
  • Daging
    Daging bukanlah merupakan menu utama dalam menu makanan Korae. Daging hanya merupakan makanan pelengkap untuk memberikan rasa. Ini berarti jumlah lemak jenuh yang terkandung sangatlah minimal. Dalam acara-acara tertentu, orang Korea akan menyajikan daging dalam jumlah yang banyak, dan biasanya daging tersebut dibakar sampai tingkat kematangan sehingga lemak telah menjadi daging.
     
  • Tidak Berminyak
    Banyak makanan Korea yang direbus, bakar atau kukus, dan ini berarti tidak makanan tersebut tidak perlu dimasak dengan minyak yang banyak. Bukan hanya lebih sehat, tetapi rasa makanan menjadi lebih enak.
     
  • Kimchi
    Kimchi, sayuran fermentasi khas Korea yang selalu dihidangkan sebagai side dish, adalah salah satu jenis makanan yang paling sehat di dunia yang mengandung banyak kandungan mineral dan vitamin, dan bisa membantu pencernaan.   Sayur yang paling sering dijadikan kimchi adalah sawi putih, namun sayuran lain seperti lobak dan mentimun juga bisa diolah menjadi kimchi. Kimchi juga menawarkan manfaat kesehatan lain karena kimchi mengandung bakteria ‘baik’ yang dapat memperbaiki sistem imun, meningkatkan kadar allium yang berkaitan dengan pencegahan kanker, dan beberapa kandungan yang melindungi saluran darah.
     
  • Sayuran
    Makanan Korea menawarkan berbagai macam sayuran di dalam menunya seperti jamur, sayuran hijau dan kol banyak sekali ditemukan dalam setiap jenis makanan Korea..
     
  • Cabai
    Orang Korea menyukai makanan pedas. Tidak banyak makanan Korea yang tidak pedas. Cabai terkenal dengan manfaatnya untuk mempercepat metabolisme sehingga ekstra kalori yang terkandung dalam makanan akan lebih cepat dibakar.
     
  • Makanan Penutup 
    Orang Korea tidak begitu makanan yang manis. Makanan penutup terdiri dari jeruk, semangka, dan jenis buah-buahan lainya, yang tentunya merupakan makanan penutup yang sehat.
     
  • Teh 
    Orang Korea minum teh hijau yang sudah terkenal manfaat kesehatannya. Selain itu mereka juga minum teh barley yang sangat baik untuk sistem pencernaan. 
     
  • Makanan Ringan 
    Jika Anda berjalan di Korea, akan melihat snack anak-anak di sana bukanlah satu paket keripik kentang, tetapi ubi rebus atau sejenis cumi yang dimasak secar khusus. Pilihan snack  mereka lebih sehat dan lebih mengenyangkan.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, beberapa orang yang memilih makanan Korea sebagai diet mereka selama sebulan, dan mereka berhasil menurunkan berat badan, walaupun mereka harus memperhatikan jumlah nasi yang mereka konsumsi.

Makanan korea juga tidak asing lagi di Indonesia. Jenis makanan yang sering ditemui di restoran Korea di tanah air.

  1. Olahan Kimchi
    Selain bisa dimakan langsung, kimchi juga sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan seperti sup, tumisan, pancake hingga nasi goreng.
     
  2. Jeon
    Jeon merupakan pancake khas korea. dan tidak berbeda jauh dengan gorengan bakwan yang kita kenal di Indonesia. Perbedaannya adalah jika bakwan biasa dimasak dengan metode deep-fried menggunakan minyak yang banyak, jeon biasanya digoreng dengan metode pan-fried dengan sedikit minyak.
     
  3. Bibimbap
    Bibimbap adalah hidangan nasi dengan topping berbagai macam sayuran. Kombinasi sayuran dengan warna yang berbeda-beda seperti wortel, bayam, bawang bombay dan jamur menciptakan visual yang sangat menarik. Bibimbap biasa ditambahkan tumisan daging sapi berbumbu dan telur. Untuk vegetarian, beberapa restoran menyediakan vegetarian bibimbap. Sebelum disantap, bibimbap diaduk dulu dengan saus gojucang (sambal Korea) hingga merah merata dan seluruh toping tercampur semua dengan nasi. 
     
  4. Jigae
    Jigae adalah sup rebusan daging dan sayur mayur, variasinya ada di bumbu dasarnya. Jigae yang biasa kita temui di kebanyakan restoran Korea adalah doenjang jigae, sup tauco dengan irisan daging dan sayuran, sundubu jigae, sup tahu pedas dengan potongan daging babi atau seafood, atau kimchi jigae, sup pedas yang berlimpah dengan kimchi, tahu, sayuran dan daging. 
     
  5. Japchae
    Japchae adalah hidangan dengan bahan dasar yang terlihat seperti soun. Karena berbahan dasar tepung kentang, japchae lebih tebal dan teksturnya lebih kenyal. Japchae yang sudah direbus ditumis dengan berbagai macam sayur dan daging lalu ditambahkan bumbu dan minyak wijen.
     
  6. Jajangmyon
    Myon berarti mie. Jajangmyon adalah hidangan black bean noodle dengan menggunakan topping yang biasanya terdiri atas tumisan sayur dan daging kemudian dicampur dengan chunjang, saus berwarna hitam yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai yang dicampur dengan caramel. Seperti bibimbap, sebelum dimakan jajangmyon harus diaduk hingga mie rata dengan warna hitam baru kemudian disantap. 
     
  7. Galbi
    Galbi berarti iga. Untuk membuat galbi, iga biasanya direndam dalam bumbu kecap selama beberapa waktu sebelum dipanggang. Daging iga yang masih utuh berbentuk panjang ini biasanya dipanggang tanpa dipotong terlebih dahulu. Ketika daging sudah hampir matang, barulah dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil.
     
  8. Bulgogi
    Bul berarti api, sedangkan gogi berarti daging. Bulgogi adalah irisan daging tipis yang direndam dalam bumbu berbahan dasar kecap yang dimasak dengan cara dipanggang diatas hot plate. Biasanya bulgogi dimasak bersamaan dengan berbagai macam sayuran seperti wortel, jamur dan terkadang ditambahkan japchae.
     
  9. Tteokboki
    Tteok terbuat dari tepung beras dan berbentuk bulat silinder seperti sosis. Penganan berwarna putih ini memiliki tekstur yang sangat kenyal. Tteokboki biasanya dimasak dengan wortel, sosis, odeng (fish cake) dan dicampur dengan gojucang, sehingga rasanya didominasi oleh gurih, pedas dan manis.
     
  10. Patbingsoo
    Pat artinya adalah kacang merah, sedangkan bingsoo berarti es serut. Patbingsoo mirip dengan es campur yang kita kenal. Patbingsoo biasa dihidangkan dalam mangkuk batu (dolsot) berwarna hitam dengan toping variatif, dapat berupa buah, kacang-kacangan, jelly, tteok (korean rice cake), sereal dan es krim.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com