April 2018 / PENTINGNYA KARAKTER DALAM LEADERSHIP


"When wealth is lost, nothing is lost; when health is lost, something is lost; when character is lost, all is lost.”
 
– Billy Graham –

Jika kekayaan hilang, Anda tidak kehilangan apa-apa. Ketika kesehatan Anda hilang, Anda akan merasakan ada sesuatu yang hilang, Tetapi jika Anda kehilangan karakter, Anda akan kehilangan segalanya.

Apa sebenarnya arti dari karakter? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karakter berarti tabiat, sifat kejiwaaan, budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain.

Penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki karakter. Pertama, karena pemimpin yang berkarakter memiliki daya tarik tersendiri.  Ia tidak perlu menarik pengikut. Orang akan serta merta mengikutinya karena pemimpin yang berkarakter memiliki kestabilan yang menjadikannya pegangan bagi pengikutnya. Mudah bagi seorang pemimpin yang telah menjadi pegangan bagi pengikutnya untuk mengarahkan. Seorang pemimpin tidak dapat mengarahkan pengikut yang menolak untuk berpegang kepadanya.

Kedua, karakter merupakan dasar kepercayaan. Bawahan hanya akan percaya kepada atasan yang berkarakter. Jika orang-orang yang Anda pimpin sudah memiliki kepercayaan penuh terhadap Anda, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Terakhir, karakter menarik kesetiaan. Anda bisa lihat beberapa pemimpin kelas dunia yang memiliki pengikut yang setia, bahkan ketika pemimpin tersebut telah meninggal. Para pengikut tersebut tetap dengan setia memegang teguh nilai-nilai yang ditinggalkan hingga generasi-generasi berikutnya.

Berikut adalah ciri-ciri dari seorang pemimpin yang memiliki karakter.

  1.  Memiliki Integritas
    Integritas adalah atribut yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas berarti satu. Pemimpin yang memiliki integritas akan memiliki kesatuan dalam perkataan, perbuatan dan kelakuan. Pemimpin yang tidak memiliki integritas akan membuat bawahannya bingung. Ketika perkataan dan perbuatannya tidak sama, tidak ada kejelasan tentang mana yang harus diikuti. Untuk menjadi seorang pemimpin yang berkarakter, Anda terlebih dahulu harus memiliki integritas dalam perkataan, perbuatan dan kelakuan.
     
  2. Berkomitmen Tanpa Kompromi
    Pemimpin yang berkarakter pasti memiliki nilai-nilai yang akan terus dipertahankan tanpa kompromi. Contoh, ketika seorang pemimpin menjunjung tinggi nilai kejujuran, ia secara otomatis akan melakukan segala proses dengan menjunjung tinggi kejujuran tersebut. Ia tidak akan takut ketika diminta untuk bekerja secara transparan. Jika ternyata bawahannya melanggar nilai kejujuran yang sudah ditetapkan, ia akan dengan tegas menindak mereka. Tanpa kompromi berarti berlaku bagi diri sendiri, dan tidak akan goyah dengan alasan apapun juga.
     
  3.  Mempunyai Disiplin Diri yang Tinggi
    Hal ini berkaitan erat dengan integritas. Pemimpin yang berkarakter akan terus menjaga komitmennya dengan menerapkan disiplin diri yang tinggi. Seorang pemimpin yang baik memimpin dengan contoh nyata, bukan hanya dengan perkataan. Ketika ia menunjukkan kepada bawahannya bahwa ia sendiri menerapkan disiplin tersebut, maka bawahan akan lebih segan. Jika seorang pemimpin ingin menerapkan budaya tepat waktu, maka ia sendiri harus terlebih dahulu disiplin tentang tepat waktu. Jika ia ingin mengembangkan budaya 'tidak pada korupsi', maka ia sendiri pun harus disiplin melawan segala godaan korupsi yang datang menghampiri.
     
  4. Siap Berkorban untuk Prinsip
    Nelson Mandela adalah seorang pejuang hak asasi manusia asal Afrika Selatan, yang menjabat sebagai presiden negara tersebut di tahun 1994-1999. Beliau harus mendekam di penjara selama 27 tahun demi perjuangannya untuk mewujudkan kesetaraan ras di negaranya. Perjuangan dan pengorbanannya menjadikannya tokoh perdamaian dunia yang terkenal di seluruh dunia. Karya perjuangannya tetap dikenang hingga hari ini.

    Jadi, bukan kecerdasan yang akan membuat Anda bertahan menjadi seorang pemimpin, karena akan muncul orang yang lebih cerdas dari Anda. Bukan juga banyaknya pengalaman yang menjamin Anda menjadi pemimpin yang bertahan lama, karena pengalaman Anda masa lampau bisa jadi tidak lagi relevan dengan situasi jaman sekarang. Uang dan kekuasaan pun tidak menjamin Anda bisa bertahan lama di kursi pemimpin. Karakterlah yang akan menentukan apakah Anda dianggap sebagai pemimpin sejati, bahkan ketika Anda sudah tidak lagi menjabat posisi tersebut. (EV)
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com